Mahasiswa IMM Jatim Salat Gaib dan Robek Bendera Israel

Bentuk kepedulian kepada warga Palestina yang gugur

Surabaya, IDN Times - Sejumlah mahasiswa dari organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Jawa Timur menggelar aksi 'Bela Palestina' di depan Konsulat Jendral (Konjen) Amerika Serikat (AS) di Surabaya, Selasa (7/11/2023). Usai aksi, sejumlah mahasiswa itu menggelar salat gaib. 

Dari pantauan IDN Times, aksi tersebut digelar sekitar pukul 12.41 WIB. Setelah aksi, mereka kemudian membentuk saf untuk menggelar salat gaib. Salat gaib juga diikuti Kapolsek Lakarsantri, M Akhyar. 

Koordinator aksi, Ali Musta'in mengatakan, salat gaib dilakukan atas bentuk kepedulian terhadap umat Islam yang gugur dalam perang Israel-Palestina. Apalagi, banyak ibu dan anak meninggal dalam peristiwa tersebut. 

"Itu kiriman doa dan bentuk empati doa kita. Semoga warga Palestina yang terbunuh nantinya diberikan kerahmatan," ungkapnya.

Usai salat gaib, massa aksi kemudian merobek tiga buah bendera Israel. Perobekan bendera dilakukan sebagai bentuk kecaman massa aksi terhadap kekejaman yang dilakukan Israel terhadap Palestina. 

"Perobekan bendera israel bentuk kecaman kita tuntutan atas kedzoliman warga Israel ke warga Palestina," pungkasnya. 

Seperti diberitakan sebelumnya, IMM Jatim memberikan enam pernyataan sikap atas serangan Israel terhadap Pelestina. Pertamam, mengecam segala bentuk penyerangan yang dilakukan tentara Zionis Israel terhadap masyarakat sipil yang ada di Palestina. IMM juga akan melakukan konsolidasi dan aksi perlawanan terhadap penjajahan Israel kepada Palestina. 

"Kami menegaskan bahwa Amerika Serikat merupakan antek-antek teroris dan zionis Israel yang telah melakukan penyerangan dan pembunuhan terhadap masyarakat sipil di jalur Gaza," ungkapnya. 

IMM juga mengecam dan mengutuk keras keterlibatan Amerika Serikat (AS) dalam serangan Israel terhdap rakyat Palestina. Kelima, memboikot segala bentuk produk yang diproduksi oleh perusahaan-perusahaan Amerika Serikat.

"Kami mengusir Duta Besar Amerika Serikat (AS) dari Indonesia yang telah menjadi sekutu danmemberikan bantuan militer terhadap Zionis Israel," tegasnya. 

Baca Juga: Aksi Mahasiswa IMM Bela Palestina: Usir Amerika! 

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya