Mahasiswa Bunuh Diri, Surat Wasiat di Mobil Identik dengan Tulisan CA

Korban yang menulis surat wasiat?

Surabaya, IDN Times - Polisii menyatakan bahwa tulisan pada surat wasiat mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Airlangga (Unair) yang ditemukan tewas dalam mobil di area Apartemen Tambak Oso, Waru, Sidoarjo identik dengan buku catatan korban CA (21).

Kasat Reskrim Polresta Sidoarjo, Kompol Tiksanarto Andaru Rahutomo mengatakan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan di dalam apartemen korban. Di dalam apartemen tersebut, polisi menemukan catatan kuliah korban.  "Kami menemukan catatan sekolah korban untuk jadwal pelajaran," ujar Andaru, Senin (6/11/2023). 

Andaru mengungkap, tulisan pada catatan yang ditemukan polisi, identik dengan tulisan pada surat wasiat yang ditemukan di dalam mobil. Bahkan, kertasnya juga identik

"Kami temukan kedua tulisan ini (catatan korban dan surat wasiat) identik. Selain itu kertas yang ditemukan indentik," ungkapnya. 

Andaru juga mengungkap, korban sempat berpamitan kepada adiknya pada Sabtu (4/11/2023)  yang tinggal bersama korban di apartemen. Korban saat itu memeluk adiknya dengan erat. 

"Setelah itu keberadaanya tidak diketahui sampai ditemukan Minggu pagi. Kami juga melakukan penyelidkan ke rekan-rekan korban yang berinteraksi di kampus, nanti hasilnya menunggu tim masih bekerja di sana," pungkas dia. 

Seperti diberitakan sebelumnya, Kapolsek Waru Sidoarjo, AKP Ahmad Yani mengungkap pihaknya  menemukan surat wasiat di dalam mobil korban. Namun, yani masih belum mau membeberkannya lebih jauh. Yang jelas, sambungnya, surat tersebut diduga kuat ditulis oleh korban dalam Bahasa Inggris. "Isinya Bahasa Inggris. Nanti ya, masih penanganan autopsi ini," tegasnya.

 

 

Mari bersama cegah perilaku bunuh diri 


Bunuh diri merupakan masalah kesehatan jiwa serius yang sering diabaikan masyarakat. Jika kamu membutuhkan pertolongan atau mengenal seseorang yang membutuhkan bantuan, kamu bisa menghubungi layanan konseling pencegahan bunuh diri, di nomor telepon gawat darurat (emergency) hotline (021) 500–454 atau 119, bebas pulsa.


Menurut data dari Kementerian Kesehatan RI, saat ini sudah terdapat lebih dari 3.000 Puskesmas yang memiliki layanan kesehatan jiwa. Kamu bisa menghubungi atau langsung mendatangi Puskesmas terdekat untuk mengetahui apakah mereka melayani kesehatan jiwa. Bagi pemegang BPJS, konsultasi kejiwaan di Puskesmas tidak dikenakan biaya alias gratis. Jika belum memiliki BPJS, kamu tetap bisa berkonsultasi dengan biaya administrasi sebesar Rp5.000.


Selain itu, Kemenkes RI juga menyiapkan 5 RS jiwa rujukan yang dilengkapi dengan layanan konseling kesehatan jiwa dan pencegahan bunuh diri. RS jiwa tersebut ialah:


RSJ Amino Gondohutomo Semarang, nomor telepon (024) 6722565
RSJ Marzoeki Mahdi Bogor, nomor telepon (0251) 8324024, 8324025, 8320467
RSJ Soeharto Heerdjan Jakarta, nomor telepon (021) 5682841
RSJ Prof Dr Soerojo Magelang, nomor telepon (0293) 363601
RSJ Radjiman Wediodiningrat Malang, nomor telepon (0341) 423444


NGO Indonesia pencegahan bunuh diri:
Jangan Bunuh diritelp: (021) 9696 9293email: janganbunuhdiri@yahoo.com
Organisasi INTO THE LIGHTmessage via page FB: Into The Light Indonesia (@IntoTheLightID)direct message via Twitter: @IntoTheLightID
Kementrian Kesehatan Indonesiatelp: (021) 500454

Baca Juga: Keluarga Mahasiswi Unair Yakini Korban Meninggal Bunuh Diri

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya