Lama Traffic Light Margorejo Surabaya Viral, Ini Faktanya

Selamat menua di jalan guys!

Surabaya, IDN Times - Traffic light di simpang Margorejo Jalan Ahmad Yani Surabaya tengah digunjing netizen hingga trending di twitter dengan hastag #Margorejo. Traffic light di Margorejo disebut sebagai lampu merah terlama keempat di Indonesia setelah lampu merah Kalibanteng, Semarang.

IDN Times mencoba memastikan lampu merah di Jalan A Yani Surabaya ini. Simak reportasenya berikut ini. 

1. Waktu lampu merah sampai tembus 2 menit lebih

Lama Traffic Light Margorejo Surabaya Viral, Ini FaktanyaSuasana para pengendara di traffic light Margorejo Surabaya, Jumat (6/1/2023). (IDN Times/Khusnul Hasana)

Berdasarkan pantauan IDN Times di lapangan tepat di perempatan Margorejo pukul 11.40, kondisi lalu lintas di area tersebut lancar. Lalu lintas kendaraan mengalir tanpa ada kemacetan. 

Kami pun menghitung satu persatu waktu di setiap lampu merah perempatan tersebut. Di sisi A Yani jalan utama, waktu lampu merah bertahan 1 menit 18 detik, baik dari jalur Utara ke Selatan maupun sebaliknya. Nah, untuk waktu lampu hijau berkisar 48 detik.

Lalu, dari jalur Frontage A Yani yakni jalur Utara ke Selatan, waktu lampu merah bertahan 2 menit 35 detik. Kemudian untuk waktu lampu hijau adalah 1 menit 26 detik. 

Sedangkan, lampu merah dari arah Margorejo ke arah Jalan Utama A Yani membutuhkan waktu sekitar 1 menit 37 detik. Untuk waktu lampu hijau yakni 48 detik.

Baca Juga: Perkara Kanjuruhan Belum Terdaftar di PN Surabaya

2. Pengendara sebut traffic light Margorejo terlama

Lama Traffic Light Margorejo Surabaya Viral, Ini FaktanyaSuasana lampu merah Margorejo Surabaya, Jumat (6/1/2023). (IDN Times/Khusnul Hasana)

Salah satu pengendara jalan, Ananto (27) mengaku bahwa, lampu merah traffic light Margorejo yang biasa ia lalui memang menjadi yang terlama di Surabaya. Terutama di wilayah Surabaya bagian Selatan. 

"Iya lama, kalau menurut saya yang paling lama di sini, karena kan hampir tiap hari lewat sini," kata Ananto. 

3. Lampu merah lama juga karena ada lintasan Kereta Api

Lama Traffic Light Margorejo Surabaya Viral, Ini FaktanyaSuasana lampu merah Margorejo Surabaya, Jumat (6/1/2023). (IDN Times/Khusnul Hasana)

Menurutnya, lamanya lampu merah di perempatan tersebut juga karena adanya jalur kereta api. Sehingga, pengendara jalan harus berbagi waktu dengan jalur Kereta Api. "Belum lagi ini ada kereta api jadi ya lama," tuturnya. 

Kata Ananto, perempatan lampu merah ini, sering kali terjadi kemacetan. Apalagi saat sore hari ketika jam pulang kerja. 

"Setau saya lumayan (macet) apalagi kalau sore kan," pungkasnya. 

Baca Juga: Nasib RS Darurat di Surabaya Setelah COVID-19 Melandai 

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya