KBS Mau Buka Malam Hari, BBKSDA Beri Syarat Khusus

Syaratnya apa saja ya ?

Surabaya, IDN Times - Kebun Bintang Surabaya (KBS) bakal buka malam hari. Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur menyebut, kebun binatang bisa dibuka saat malam hari dengan beberapa syarat.

Plt Kepala Bidang Teknis Balai Besar Komservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jatim, Nur Rohman mengatakan, pihak Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS telah melakukan koordinasi denngan BKSDA Jatim. BKSDA telah melakukan pembinaan terhadap monitoring satwa di KBS.

"Kami secara rutin melakukan monitoring secara umum satwa-satwa yang ada di sana, untuk yang spesifik Surabaya Night Zoo belum ada (monitoring)," ungkap Nur Rohman kepada IDN Times, Rabu (8/2/2023).

Pada prinsipnya, Kebun Binatang bisa dibuka pada malam hari. Namun, tetap mengedepankan kesejahteraan satwa, seperti, satwa yang dikunjungi harus satwa malam. 

"Kalau satwa malam itu, ada landak, garangan bisa, rusa pun bisa, harimau bisa, burung hantu juga," ungkap dia. 

Kemudian, suasana kebun binatang malam juga harus disesuaikan dengan kondisi satwa. Seperti, lampu-lampu tidak menyilaukan, suara juga tidak menganggu satwa dan jumlah pengunjung juga harus lebih sedikit dari siang hari. 

"Prinsipnya ketika nanti ada pembukaan kita tetap memonitor, memberikan arahan, kalau ternyata nanti ada hal yang tidak sesuai harapan tentu kita akan melakukan pembinaan," pungkasnya. 

Seperti diberitakan sebelumnya, Kebun Binatang Surabaya (KBS) direncakan buka pada malam hari dengan konsep Night Zoo. Humas KBS Mochammad Alfin Soefiandy, mengatakan, perencanaan pembukaan Night Zoo ini masih dalam pembahasan di internal KBS. Ditargetkan, Night Zoo dibuka tahun 2023 ini. 

"Konsepnya kita buka kunjungan hewan nokturnal atau hewan giat malam, Buka mulai jam 4 tapi ini masih dalam pembahasan, nanti lanjut malam atau istirahat dulu, atau Mahhrib atau Isya, belum tau. Tapi enggak sampai jam 12 malam," sebut dia. 

Dalam perencanaannya, tak semua area KBS dibuka untuk Night Zoo. Hanya beberapa tempat saja yang nantinya bakal diubah menjadi kebun binatang malam. 

"Ada binturong, nanti ada di aqua studio, lewat situ cuman nanti itu kalau malam tidak buka seluruhnya. Hanya beberapa tempat saja. Ada area sendiri," ujarnya. Nantinya KBS Night Zoo bakal ditambah pernak pernik lampu. Sehingga, KBS menjadi menarik saat malam hari

Baca Juga: KBS Mau Buka Malam Hari, Tapi Tuai Pro Kontra

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya