Jika Bangku Negeri Penuh, MBR Surabaya Bisa ke Sekolah Swasta 

Bisa jadi alternatif bapak ibu

Surabaya, IDN Times - Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Online di Kota Surabaya segera di mulai. Masyarakat Surabaya tak perlu khawatir anak-anaknya tak mendapatkan sekolah negeri, karena sekolah-sekolah swasta di Surabaya juga menyediakan jalur khusus untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) atau jalur afirmasi. 

1. Pendaftaran sekolah negeri dan swasta dilakukan bersamaan

Jika Bangku Negeri Penuh, MBR Surabaya Bisa ke Sekolah Swasta (Ilustrasi). Siswa dan wali murid berkonsultasi. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Yusuf Masruh mengatakan pendaftaran PPDB online sekolah negeri dan swasta pada tahun ini dilaksanakan secara bersamaan. Bahkan, pendaftaran dilakukan dalam satu laman di ppdb.surabaya.go.id. 

“Harapan kami mulai kita pahamkan bahwa baik negeri maupun swasta sama,” ujarnya saat konferensi pers di ruang ex Humas Surabaya, Jumat (19/5/2023). 

Orang tua pun sudah harus mulai memilih sekolah swasta atau negeri. Mereka juga diminta untuk mempertimbangkan jarak terdekat rumah dengan sekolah. 

“Jarak menjadi pertimbangan anak-anak sekolah dasar, fisik kalau terlalu lelah jauh kan untuk menempuh pembelajaran sulit juga. Kalau dekat lebih mudah, konsentrasinya lebih mudah, waktu luang juga lebih banyak,” ungkapnya. 

Yusuf menyebut, pendaftaran sekolah swasta melalui ppdb.surabaya.go.id ini merupakan yang pertama kalinya. Berbeda dengan sekolah negeri yang dilakukan dengan banyak jalur, pendaftaran sekolah swasta hanya dua jalur yakni jalur reguler dan MBR atau afirmasi. 

Baca Juga: Kuota SMA/SMK di Jatim Terbatas, Aliansi Pelajar Kritik Pedas

2. Tak semua sekolah swasta ikut PPDB online bersama pemerintah

Jika Bangku Negeri Penuh, MBR Surabaya Bisa ke Sekolah Swasta Ilustrasi PPDB di Lebak di tengah pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Sementara Kordinator Musyawarah Kerja Sekolah (MKKS) SMP Swasta, Erwin Darmogo mengatakan, tak semua swasta ikut dalam PPDB Online bersama pemkot Surabaya. Kemungkinan ada 70 sampai 80 persen dari 262 sekolah di Surabaya yang bakal masuk dalam website ppdb.surabaya.go.id. 

“Tidak semua ikut, kurang lebih 70 sampai 80 persen ikut,” katanya. 

3. Kuota untuk MBR 15 persen tergantung sekolah

Jika Bangku Negeri Penuh, MBR Surabaya Bisa ke Sekolah Swasta Ilustrasi pendaftaran PPDB.ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Sementara untuk kuota afirmasi setiap sekolah akan memberikan 15 persen atau lebih, tergantung dari kemampuan sekolah. Namun, ada juga sekolah yang memberikan bantuan berbentuk lain selain afirmasi seperti CSR bagi siswa kurang mampu. . 

“setiap sekolah punya yayaysan dan punya kemampuan untuk membiayai siswa berapa. Sesuai perwali minumal 15 persen, bisa di atasnya, bisa pas,” pungkasnya.

Baca Juga: Jelang PPDB SMA/SMK 2023, Simak Kebijakan Baru di Jatim

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya