Jasa Marga Prediksi 268.140 Kendaraan Tinggalkan Surabaya Saat Lebaran

Tatap hati-hati rek !

Surabaya, IDN Times – Jasa Marga memprediksi sebanyak 268.140 kendaraan akan meninggalkan Kota Surabaya saat Lebaran 2022. Diperkirakan, kendaraan akan mulai meninggalkan Surabaya pada H-7 hingga H-2 Lebaran.

1. Sebanyak 65 persen mengarah ke Malang, 35 persen mengarah ke Probolinggo

Jasa Marga Prediksi 268.140 Kendaraan Tinggalkan Surabaya Saat LebaranDokumentasi Pemprov Jatim

General Manager Representative Office 3 Transjawa Tollroad Regional Division (RO 3 JTTRD) Hendri Taufik mengatakan, 268.140 kendaraan ini, 65 persen atau sekitar 174.833 kendaraan akan mengarah ke arah Selatan menuju ke Malang. Sementara 35 persen atau 93 ribu kendaraan mengarah ke arah Timur menuju Probolinggo.

"Sedangkan untuk arus balik, diprediksi 282.500 kendaraan akan kembali ke Surabaya. Puncak arus balik akan terjadi pada 8 Mei 2022 atau H+5 Lebaran," ujar Hendri saat konferensi pers, Selasa (19/4/2022).

2. Jasa Marga siapkan rekayasa lalu lintas

Jasa Marga Prediksi 268.140 Kendaraan Tinggalkan Surabaya Saat LebaranIlustrasi Moda Transportasi. (IDN Times/Mardya Shakti)

Hendri menuturkan, pihaknya telah mempersiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kepadatan kendataan, yakni dengan menempatkan petugas di titik-titik lokasi tersebut. Setidaknya ada 3 gerbang tol utama yang menjadi fokus, yakni Jalan Tol Surabaya-Gempol seperti di Gerbang Tol (GT) Kejapanan Utama, Waru Utama dan Sidoarjo 2.

“Kami mengimbau pengguna jalan untuk keluar sebelum gerbang-gerbang utama tersebut. Kami tekankan hal tersebut merupakan diskresi Kepolisian,” jelas Hendri.

Selain itu, untuk mengurai kepadatan lalu lintas, pihaknya juga telah menambah gardu tol dan pemanfaatan mobile reader di setiap gerbang tol milik Jasa Marga. “Kami juga terus melakukan pengecekan keberfungsian peralatan tol serta pelaksanaan percepatan transaksi dengan cara penyediaan petugas tapping,” tuturnya.

Baca Juga: Khofifah Larang Keras ASN Mudik Pakai Mobil Dinas 

3. Pemudik diimbau melakukan persiapan

Jasa Marga Prediksi 268.140 Kendaraan Tinggalkan Surabaya Saat LebaranIlustrasi mudik Lebaran. IDN Times/Imam Rosidin

Sementara itu, Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru mengimbau, kepada masyarakat yang akan melakukan mudik Lebaran diharapkan mempersiapkan kondisi diri dan kendaraan dalam keadaan prima. Untuk menghindari kepadatan kendaraan diharapkan memilih waktu bepergian di luar waktu puncak arus mudik dan arus balik serta pastikan kecukupan saldo uang elektronik dan bahan bakar.

“Untuk mempermudah pengguna jalan mendapatkan informasi perjalanan, saat ini Jasa Marga mempunyai aplikasi bernama Travoy 3.0 yang merupakan Asisten Digital Perjalanan yang menyediakan informasi seputar jalan tol, dilengkapi dengan fitur emergency yang dibutuhkan oleh pengguna jalan,” tutup Heru.

Baca Juga: Nataru, Jasa Raharja dan Jasa Marga Kampanye Keselamatan Lalu Lintas 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya