Gempa M 5,4 Gunjang Lumajang, Tak Berpotensi Tsunami

Gempa dirasakan di sejumlah wilayah di Jawa Timur

Lumajang, IDN Times - Gempa bumi berkekuatan Magnitudo (M) 5,4 mengguncang Kabupaten Lumajang, Sabtu (9/7/2022) pukul 03.27. Meski begitu gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

1. Titik gempa berada pada 175 km barat daya Lumajang

Gempa M 5,4 Gunjang Lumajang, Tak Berpotensi TsunamiIlustrasi Gempa (IDN Times/Arief Rahmat)

Dari keterangan resminya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan titik episenter gempa bumi terletak pada koordinat 9,68° LS ; 112,89° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 175 Km arah barat daya Lumajang Jawa Timur pada kedalaman 47 km.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 5,2," tulis BMKG dalam keterangan resminya.

Baca Juga: Lumajang Diguncang Dua Kali Gempa pada Dini Hari, BMKG: Jenis Tektonik

2. Gempa dirasakan di beberapa wilayah

Gempa M 5,4 Gunjang Lumajang, Tak Berpotensi TsunamiIlustrasi Seismogram (IDN Times/Arief Rahmat)

Gempa bumi tersebut, dirasakan di sejumlah wilayah seperti di Karangkates, Kepanjen, Lumajang, Blitar dengan skala intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

"Hingga pukul 03.50 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 2 aktivitas gempa bumi susulan dengan M 4,0 M 4,1," tulis BMKG.

3. Masyatakat diimbau jauhi bangunan retak

Gempa M 5,4 Gunjang Lumajang, Tak Berpotensi TsunamiIlustrasi gempa. (IDN Times/Arief Rahmat)

Untuk itu, BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Masyarakat juga diimbau agar menghindar dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," imbau BMKG.

Baca Juga: Gempa Susulan berkekuatan Magnitudo 5 Guncang Lumajang

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya