Eri Belum Dapat Surat Resmi Soal Kabar GBT Dicoret FIFA 

GBT akan digunakan untuk AFC U-20 2022 sebelum Piala Dunia

Surabaya, IDN Times - Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mengaku belum mendapatkan kabar resmi dari Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) mengenai kabar Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya terancam dicoret oleh FIFA untuk venue Piala Dunia (Pildun) U-20 2023.

1. Wali Kota belum dapat surat dari PSSI

Eri Belum Dapat Surat Resmi Soal Kabar GBT Dicoret FIFA Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Eri bilang, hingga saat ini pihaknya belum mendapat surat resmi dari PSSI terkait pembatalan GBT sebagai Venue Piala Dunia U-20 2023. Sehingga, keputusan GBT sebagai venue Piala Dunia masih bertahan. 

"Kalau yang piala dunia yang katanya tidak jadi itu, dapat dari mana, saya belum dapat surat resmi," kata Eri, Senin (21/8/2022).

Baca Juga: GBT Terancam Dicoret dari Venue Pildun U-20, Terungkap Minusnya

2. GBT akan digunakan untuk venue piala AFC U-20 2022

Eri Belum Dapat Surat Resmi Soal Kabar GBT Dicoret FIFA Stadio Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya. Dok/Humas Pemkot Surabaya

Dirinya mengatakan, justru surat resmi dari PSSI yang ia terima adalah tentang penggunaan GBT sebagai venue piala Asua atau AFC U-20 2022. Piala AFC digelar pada 14 September 2022 mendatang.

"Surat resmi dari PSSI itu, subelum piala dunia, dipakai piala AFC," ujar orang nomor satu di Surabaya itu.

3. PSSI harap Pemkot bisa atasi bau sampah di GBT

Eri Belum Dapat Surat Resmi Soal Kabar GBT Dicoret FIFA Pemkot Surabaya menutup sampah di TPA Benowo dengan geomembran. (Dok. Diskominfo Kota Surabaya).

Seperti diberitakan sebelumnya, PSSI Jatim berharap, pemerintah dalam hal ini Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) hingga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bersama-sama mengatasi catatan dari FIFA sesegera mungkin. Karena sejauh ini belum ada perkembangan yang signifikan.

"(Minusnya) sampah baunya. Sama jalan akses," kata Sekretaris PSSI Jawa Jatim, Dyan Puspito Rini.

Sekadar diketahui, lokasi stadion GBT memang berdekatan dengan Tempat Pembuangan Akhir (TPA), Benowo, Surabaya. Selain itu, akses jalan menuju stadion yang berada di kawasan pertambakan itu belum mulus.

Baca Juga: Biar GBT Gak Bau Sampah, TPA Benowo Ditutup Geomembran  

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya