Dua Kali Main Film, Eri Sebut Dana Pembuatan Swakelola

Pak Eri ketagihan main film

Surabaya, IDN Times - Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi dua kali bermain film dan berperan menjadi Presiden Pertama RI, Soekarno, yakni di film Koesno dan Soera Ing Baja. Dana pembuatan film disebut dilakukan secara swakelola. "(Pembuatan film) Ini kita lakukan dengan swakelola," ujar Eri usai nonton bersama film Soera Ing Baja, Senin (2/1/2023). 

Eri tak menyebut berapa dana yang dikeluarkan dalam pembuatannya. Sebab, dana pembuatan dilakukan secara swakelola dengan komunitas sejarah Pegandring dan TVRI. 

"Ini produksi dengan warga Surabaya dan bekerjasama dengan TVRI, jadi kalau biaya hanya dengan kontraknya, menyewa baju itu yang kita lakukan, kita lakukan dengan swakelola," ungkap Eri.  "Kita akan buat film yang lebih besar dengan Pegandring terkait dengan Revolusi 45 secara berurutan dan besar," kata Eri. 

Eri pun mewajibkan semua siswa SD dan SMP untuk nonton film tersebut. Namun, tidak membebankan biaya pada mereka. "Seluruh siswa SD-SMP yang di bawah kewenangan Pemerintah Kota (Pemkot) maka akan kami sediakan tempat, untuk kita wajibkan nobar film ini. Nanti ada dua studio yang kita siapkan," terannya. 

Nantinya, pemkot juga akan menayangkan film Soera Ing Baja di Museum Pendidikan. Setelah ini, ia meminta jajarannya di pemkot untuk menyiapkan layar lebar, agar masyarakat dapat menikmati film tersebut. 

Baca Juga: Eri Cahyadi Main Jadi Soekarno di Film Koesno, Diputar 15 Agustus

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya