Tercebur Sumur Sedalam 15 Meter, ODGJ di Lamongan Selamat

Korban ditemukan saat berteriak meminta tolong

Lamongan, IDN Times - Warga Desa Tlogosadang, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan mendadak heboh setelah mengetahui adanya orang yang terjatuh ke dalam sumur sedalam 15 meter pada Jumat (8/10/2021), sore. Belakangan diketahui pria yang terjatuh ke dalam sumur warga Paciran tersebut adalah TY, seseorang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

1. Korban berteriak meminta tolong

Tercebur Sumur Sedalam 15 Meter, ODGJ di Lamongan SelamatPinterest

Peristiwa itu sendiri pertama kali diketahui oleh salah seorang warga setempat bernama Abdul Ghofur (38). Saat itu, Ghofur tanpa sengaja mendengar suara teriakan dari dalam sumur. Penasaran, Ghofur akhirnya mencari sumber suara itu.

Ia kaget saat ada seorang pria yang berada di dasar sumur sedalam kurang lebih 15 meter. Takut terjadi sesuatu saksi kemudian melaporkan kasus tersebut ke Damkar Paciran.

"Menurut keterangan. Saksi ini mendengar terikat minta tolong setelah dicari ternyata suara itu berasal dari dalam sumur," kata Kabid Damkar Satpol PP Lamongan, Amrih.

2. Petugas akhirnya berhasil menyelamatkan korban dalam keadaan selamat

Tercebur Sumur Sedalam 15 Meter, ODGJ di Lamongan SelamatIlustrasi sumur. IDN Times/Istimewa

Sementara enam petugas Damkar Korwil Paciran yang menerima laporan dari masyarakat setempat kemudian turun ke lokasi kejadian. Setelah berjibaku selama kurang lebih dari satu jam, petugas akhirnya berhasil mengevakuasi korban dari dalam sumur dalam keadaan selamat.

"Yang bersangkutan adalah ODGJ dia tercebur ke dalam sumur dan pria ini sendiri berusia sekitar 35 tahun serta berasal dari daerah Situbondo Jawa Timur," ungkapnya.

Baca Juga: Latihan Perdana, Persela Lamongan Fokus Evaluasi Pemain

3. Korban kemudian dilarikan ke puskesmas

Tercebur Sumur Sedalam 15 Meter, ODGJ di Lamongan SelamatKorban akhirnya berhasil dievakuasi dari dalam sumur. Dok Istimewa

Usai diselamatkan, lanjut Amrih, korban kemudian dilarikan ke puskesmas setempat untuk mendapatkan perawatan akibat mengalami sakit usai tercebur di dalam sumur. Sementara agar hal serupa tak terulang kembali petugas juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar selalu berhati-hati saat beraktivitas di sekitar sumur terutama anak-anak.

"Alhamdulillah setelah selesai evakuasi 6 regu penyelamat kembali ke Mako sekitar pukul 18.30 dan kami berharap agar kejadian tersebut tidak terulang kembali," pungkasnya.

Baca Juga: Sejarah Pelayanan Kesehatan Jiwa, ODGJ Dulu Dikurung Seumur Hidup  

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya