Tembak Mati 9 Bandit, Angka Kriminalitas di Tuban Menurun Selama 2019

Sikat terus kejahatan!

Tuban, IDN Times - Kasus kejahatan yang terjadi di Kabupaten Tuban selama 2019 mengalami penurunan hingga 35 persen dibandingkan dengan tahun lalu. Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono mengungkapkan, kunci keberhasilan dalam menumpas kejahatan di Bumi Wali-sebutan Kabupaten Tuban- adalah dengan memberikan efek jera bagi pelaku kejahatan.

Polisi tak segan-segan mengambil tindakan tegas terhadap bandit yang membahayakan. Total, Polres Tuban menembak mati 9 pelaku kejahatan karena mencoba melawan polisi saat akan disergap. "Tahun ini Alhamdulillah angka kejahatan di Kabupaten Tuban sudah turun hingga 35 persen," kata Nanang, Senin (30/12).

1. 2019 Tuban zero miras

Tembak Mati 9 Bandit, Angka Kriminalitas di Tuban Menurun Selama 2019Kapolres Tuban didampingi para kasat saat menggelar rilis di Mapolres Tuban. IDN Times/Imron

Tidak hanya kasus kejahatan 3C (curat, curas, dan curanmor) yang menurun, peredaran miras juga bisa ditekan. Selama ini Tuban memang lekat dengan citra negatif sebagai daerah penghasil arak.

"Sudah tidak ada lagi masyarakat Tuban yang memproduksi arak. Tahun ini dipastikan Tuban zero miras. Bahkan, informasi yang kami peroleh mereka sudah beroperasi membuat miras di wilayah kabupaten lainnya," tegasnya.

2. Peredaran narkoba di Tuban menurun

Tembak Mati 9 Bandit, Angka Kriminalitas di Tuban Menurun Selama 2019Barang bukti narkoba yang diamankan Polres Tuban. IDN Times/Imron

Tren narkoba di Tuban juga menurun. Ada beberapa faktor yang membuat peredaran narkoba di Tuban menurun. Seperti kerap menggelar razia narkoba di tempat hiburan malam dan sosialisasi bahaya narkoba pada tingkat pelajar SMA sederajat di Tuban. "Peredaran narkoba juga turun," imbuhnya.

Baca Juga: 3 Warga Tuban Diciduk Sebelum Jokowi Meninjau Kilang Minyak Pertamina

3. Minta anggotanya selesaikan kasus yang belum selesai

Tembak Mati 9 Bandit, Angka Kriminalitas di Tuban Menurun Selama 2019Para tersangka saat digiring ke Mapolres Tuban. IDN Times/Imron

Meski tren kejahatan menurun di Tuban, namun Nanang tetap meminta anak buahnya untuk terus memburu pelaku kriminalitas. Terutama mereka yang masih buron.

"Kami tekankan pada anggota untuk terus memburu pelaku-pelaku kejahatan. Kami juga minta PR kasus yang tahun ini masih belum selesai agar terus ditindaklanjuti. Kejar terus sampai mendapatkan pelakunya!" tegas perwira polisi berpangkat dua melati di pundaknya ini.

4. Operasi Semeru 2019, polisi tangkap dua pelaku curanmor

Tembak Mati 9 Bandit, Angka Kriminalitas di Tuban Menurun Selama 2019Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono saat menggelar rilis. IDN Times/Imron

Sementara selama pelaksanaan Operasi Aman Semeru 2019, Polres Tuban berhasil mengungkap dua kasus curanmor dan membekuk dua pelaku atas nama Winarto (33) warga Desa Patihan Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan dan Suhut (44) warga Desa Trantang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban. Keduanya juga terpaksa dilumpuhkan oleh petugas lantaran hendak melarikan diri saat akan ditangkap. "Kami lakukan tindakan tegas dan terukur, karena pelaku hendak kabur saat akan kami amankan," pungkasnya.

Baca Juga: Jelang Misa Natal 2019, Polres Tuban Sterilisasi Sejumlah Gereja

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya