Sungai Ingas Meluap, Puluhan Rumah di Bojonegoro Terendam Banjir

Semoga banjirnya tidak meluas

Bojonegoro, IDN Times- Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Bojonegoro, membuat sungai Ingas di Desa Samberan, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro meluap. Akibatnya, belasan rumah di desa setempat terendam banjir, Senin (29/4).

Banjir setinggi 40 meter yang merendam desa itu juga mengakibatkan salah seorang kakek terpaksa dievakuasi oleh petugas. "Memang benar saat ini banjir telah merendam Desa Samberan, Kecamatan Kanor, ada beberapa rumah di RT 01 sampai RT 08," kata Plt Kepala BPBD Bojonegoro, Nadif Ulfia.

Baca Juga: Istri Minta Kadishub Bojonegoro Dinonaktifkan, BKD Jatim: Tunggu Dulu

1. Ketinggian banjir bervariasi

Sungai Ingas Meluap, Puluhan Rumah di Bojonegoro Terendam BanjirIDN Times/ Istimewa

Ulfia menjelaskan, ketinggian banjir sendiri bervariasi, dari 5 hingga 40 sentimeter. Sementara, hingga siang ini, banjir yang merendam wilayah tersebut juga sudah menunjukkan tren penurunan.

Meski demikian BPBD Kabupaten Bojonegoro terus melakukan pemantauan. "Kalau saat ini banjir sudah menunjukkan penurunan, namun kalau terjadi hujan kembali kemungkinan air bisa naik kembali," imbuhnya.

2. Kakek berusia 80 tahun dievakuasi oleh petugas

Sungai Ingas Meluap, Puluhan Rumah di Bojonegoro Terendam BanjirIDN Times/ Istimewa

Banjir juga mengakibatkan kakek berusia 80 tahun di Bojonegoro, terpaksa dievakuasi ke lokasi yang lebih aman. Kakek bernama  Sumijah, warga RT 1, RW 8, untuk sementara ini ditampung di rumah kerabat terdekatnya. "Ada salah satu warga setempat yang juga kita evakuasi ke tempat kerabatnya, karena rumahnya kebanjiran. Sementara data yang masuk baru satu saja yang kita evakuasi," imbuhnya.

3. Banjir terjadi sejak pukul 4 pagi

Sungai Ingas Meluap, Puluhan Rumah di Bojonegoro Terendam BanjirIDN Times/ Istimewa

Banjir sendiri terjadi mulai pukul 04.00 pagi. Saat itu, air sungai meluap dan membanjiri rumah warga setempat. Selain membanjiri kawasan pemukiman, banjir juga menggenangi sawah para petani yang sudah panen.

"Informasi dari pihak desa, banjir luapan sungai Ingas memasuki permukiman pada subuh tadi karena intensitas hujan deras yang terjadi semalam. Siang ini pukul 12.00 WIB, air sudah mulai surut," katanya.

4. Pemkab Bojonegoro kirim sembako

Sungai Ingas Meluap, Puluhan Rumah di Bojonegoro Terendam BanjirIDN Times/ Istimewa

Lebih lanjut ia mengatakan, banjir tersebut tidak mengganggu aktivitas warga. Hanya saja jalan yang menghubungkan beberapa desa terendam. Sementara bantuan berupa sembako, juga mengalir ke pada warga yang rumahnya terendam banjir. "Untuk aktivitas warga tidak ada yang terganggu mas dan bantuan juga sudah kita berikan kepada mereka," pungkasnya.

Baca Juga: Banjir Ganggu Perjalanan KA, Banyak Material Batu yang Hanyut

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya