Semburan Air Bercampur Lumpur di Muncul Lahan Perhutani Bojonegoro

Semburan juga pernah terjadi di tahun 2019

Bojonegoro, IDN Times - Sebuah video yang memperlihatkan semburan air bercampur lumpur viral di media sosial dan beredar di group WhatsApp. Semburan itu berada di Desa Jari, Kecamatan Gondang, Kabupaten Bojonegoro, Senin (10/4/2023). Lokasi semburan itu kebetulan berada di lahan Perhutani petak 172 Kemantren Sukun, BKPH Gondang.

Asper Perhutani Gondang, Sugiono mengaku telah menerima laporan itu. Pihaknya dan petugas Perhutani lainnya juga akan meninjau lokasi untuk memastikan kekuatan semburan lumpur.

"Iya benar kami dapat informasi seperti itu, kami sendiri belum tahu di mana letak semburannya karena baru mau ke lokasi semburan," kata Sugiono kepada IDN Times.

Karena belum tahu lokasi di mana, Sugiono pun belum bisa memastikan apakah lokasi semburan berada dekat dengan pemukiman warga atau kebun dan sawah milik petani. Soal kandungan yang dihasilkan semburan lumpur tersebut juga masih perlu penelitian lebih lanjut.

"Kalau di wilayah Bojonegoro itu memang banyak terdapat kandungan gas salah satunya ya di Desa Jari ini. Untuk kandungan ada gas atau mengandung belerang kita perlu uji lebih lanjut," jelasnya.

Sugiono menjelaskan, semburan lumpur yang terjadi di kawasan itu bukanlah pertama kali. Pada tahun 2019 hal serupa juga pernah ada. Namun, karena pada saat itu tidak.

"Dulu katanya ada, tapi saat itu saya belum di sana. Malah ada masyarakat yang lihat tapi baru kali ini viral," pungkasnya.

Baca Juga: Tergerus Arus Sungai, Lima Rumah Warga Bojonegoro Terancam Longsor

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya