Sembunyikan Sabu Dalam Ponsel, Tiga Pengedar Ditangkap  

Pelaku juga mempersenjatai diri dengan airsoft gun

Tuban, IDN Times- Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tuban membekuk tiga pengedar sabu di Kelurahan Glondonggede, Kecamatan Tambakboyo, Tuban, Selasa (10/9). Dari tangan ketiganya, petugas berhasil mengamankan 2,65 gram sabu.

Kepala BNNK Tuban AKBP I Made Sarjana mengatakan, pengungkapan tiga pelaku pengedar sabu di Tuban tersebut berdasarkan informasi dari masyarakat sekitar. Setelah dilakukan pengembangan, petugas akhirnya membuntuti dua pelaku yang saat itu akan melakukan transaksi. "Setelah kita kejar dua pelaku berinisial P dan R ini kita bekuk di depan pom bensin di Kecamatan Tambakboyo," katanya, Kamis (12/9).

1. Berawal dari dua pelaku yang akan lakukan transaksi

Sembunyikan Sabu Dalam Ponsel, Tiga Pengedar Ditangkap  IDN Times/ Imron

Setelah digeledah, keduanya menyimpan barang haram tersebut di dalam bungkus rokok seberat 0,54 dan casing ponsel seberat 0,09 gram. Dua benda tersebut mereka masukkan di dalam saku celana.

Keduanya kemudian digelandang ke kantor BNNK beserta satu motor jenis Honda CRF 150. "Keduanya ternyata mengaku akan menjual barang haram tersebut kepada pelanggannya yang saat ini masih buron berinisial MT," katanya.

2. Kasus dikembangkan dan menangkap satu pelaku

Sembunyikan Sabu Dalam Ponsel, Tiga Pengedar Ditangkap  IDN Times/ Imron

Keduanya mengaku jika barang haram yang ia bawa diperoleh dari salah satu tersangka berinisial R yang bertempat tinggal di Desa Wolu Tengah, Kecamatan Kerek, Tuban. Dari hasil pemeriksaan dua tersangka, petugas kemudian menangkap pelaku R di kediamannya.

Kepada petugas, R mengaku bahwa sabu yang ia jual kepada kedua tersangka itu ia peroleh dari salah satu bandar besar di Kabupaten Mojokerto. "Kita datangi rumahnya kemudian kita juga mendapati sabu yang dibuang di luar rumah," jelasnya.

Baca Juga: Nenek 60 Tahun Terlibat Peredaran Pil Dobel L dan Sabu

3. Petugas juga mengamankan tiga pucuk senjata airsoft gun

Sembunyikan Sabu Dalam Ponsel, Tiga Pengedar Ditangkap  IDN Times/ Imron

Dari hasil pengeledahan, petugas juga mendapati dua pucuk senjata airsoft gun milik pelaku R. Senjata itu ia beli dari salah seorang warga di Bojonegoro. Made menjelaskan, senjata yang kerap dibawa pelaku R ini, dijadikan tersangka untuk menjaga diri. "Kita masih kembangkan apakah ini senjata resmi atau bukan, kalau tidak resmi maka kita juga akan jerat UU darurat," tegasnya.

4. Petugas juga amankan barang bukti ponsel dan uang

Sembunyikan Sabu Dalam Ponsel, Tiga Pengedar Ditangkap  IDN Times/ Imron

Dari hasil penangkapan terhadap ketiganya, petugas mengamankan 2,65 gram sabu, satu unit motor, uang tunai sebesar Rp1,7 juta, ponsel, timbangan dan ratusan plastik klip yang digunakan pelaku untuk meracik sabu menjadi beberapa bagian. "Selain itu kami juga mendapati bukti transfer dari salah satu bank yang dilakukan tersangka R sebesar Rp 10 juta, uang ini diduga hasil penjualan sabu," pungkasnya.

 

Baca Juga: Usai Video Call Sang Istri, Kyai Asal Tuban Tewas di Dalam Kamar Kos

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya