Comscore Tracker

Pesta Ulang Tahun di Tuban Berakhir Keracunan Massal

Mereka mengalami diare

Tuban, IDN Times - Puluhan warga Desa Jombok, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban diduga mengalami keracunan. Mereka diketahui mual usai menyantap makanan yang disajikan di acara pesta ulang tahun seorang warga Kamis, (10/10). Tercatat, 21 orang terpaksa dilarikan ke Puskesmas setempat untuk mendapatkan perawatan intensif karena mengalami diare.

Camat Jatirogo M. Nawawi saat dihubungi, Jumat (11/10), malam membenarkan kejadian tersebut, saat ini petugas puskesmas masih melakukan perawatan medis terhadap 21 orang  yang diduga mengalami keracunan makanan. "Iya mas benar, ada 21 yang keracunan, 11 diantaranya malah harus diopname," katanya.

1. Sebanyak 10 warga dirawat jalan

Pesta Ulang Tahun di Tuban Berakhir Keracunan Massalpixabay/rawpixel

Sementara 10 warga yang mendapat rawat jalan dari petugas medis, saat ini kondisinya sudah berangsur membaik. Meski demikian, petugas medis masih melakukan pemantauan terhadap mereka. "Pagi tadi 10 orang yang di rawat jalan, Alhamdulillah sudah membaik. Meski sudah membaik kami masih meminta update data terbaru pada 10 orang ini," terangnya.

2. Petugas juga sudah mengamankan makanan pemicu keracunan

Pesta Ulang Tahun di Tuban Berakhir Keracunan Massalnetdoctor.co.uk

Agar korban tidak berjatuhan, petugas puskesmas juga sudah melarang para warga untuk menyantap makanan yang disajikan dan mengamankan sejumlah makanan yang diduga menjadi pemicu 21 orang terkena keracunan itu. "Ada beberapa makanan yang disajikan pemilik acara, di antaranya, mie ayam, urap, telur dan tahu. Bahan sampel makanan ini juga sudah kita ambil," jelasnya.

Baca Juga: Antisipasi Penyalahgunaan Narkoba, 53 Pegawai Lapas Tuban Dites Urine

3. Bahan makanan diujikan di laboratorium

Pesta Ulang Tahun di Tuban Berakhir Keracunan MassalUnsplash.com/Hans Reniers

Setelah disita, Nawawi mengatakan bahwa bahan makanan tersebut dibawa ke laboratorium untuk memastikan sebab keracunan massal ini.

Nawawi juga menjelaskan, pasca memperoleh laporan jika ada puluhan warga yang diduga keracunan. Tim reaksi cepat Puskesmas Kebonharjo, langsung menuju lokasi untuk melakukan pendataan dan surveylan sekaligus pertolongan pertama pada korban. "Informasi ada 11 orang yang di rujuk ke Puskemas Jatirogo," imbuhnya.

4. Masyarakat diminta tak sembarangan mengonsumsi makanan

Pesta Ulang Tahun di Tuban Berakhir Keracunan Massaldraxe.com

Atas insiden tersebut, Nawawi meminta seluruh masyarakat Jatirogo agar tetap menjaga pola hidup sehat dan tidak sembarang memakan makanan. "Dan tadi pagi kami juga mendapatkan informasi jika satu dari 11 orang yang dirawat inap, ada yang dirujuk ke rumah sakit di Bojonegoro karena mengalami demam tinggi," pungkasnya.

Baca Juga: Satu Keluarga Diduga Keracunan Asap Genset, Anak Meregang Nyawa

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You