Peringati Hari Pers, Puluhan Wartawan Lamongan Gelar Donor Darah

Mereka juga melakukan aksi bedah rumah

Lamongan, IDN Times- Momentum peringatan  Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2019, diperingati puluhan wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Lamongan dengan menggelar aksi donor darah, Rabu (9/1). Aksi yang dilakukan di halaman SMA Negeri 2 Lamongan itu juga diikuti lebih dari 150 pelajar dari berbagai sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat.

Ketua panitia HPN 2019 Kabupaten Lamongan, Nur Qomar Hadi menjelaskan, aksi ini sebagai bentuk kepedulian wartawan terhadap masyarakat Lamongan dan upaya membantu PMI untuk mengatasi kelangkaan darah yang kerap terjadi. "Acara donor darah ini juga upaya kita membantu PMI dalam mengatasi kekurangan stok darah, yang kerap terjadi," kata Qomar. 

1. Donor darah menjadi agenda tahunan di peringatan HPN

Peringati Hari Pers, Puluhan Wartawan Lamongan Gelar Donor DarahIDN Times/ Imron

Qomar menjelaskan, aksi donor darah tersebut, merupakan agenda rutin yang dilakukan oleh puluhan kuli tinta di Lamongan ini setiap tahunnya. Tahun lalu donor darah juga dilaksanakan dengan melibatkan ratusan personil TNI dan Polri yang bertugas di wilayah hukum Kabupaten Lamongan. Aksi itu telah memperoleh respon baik kepada masyarakat, sehingga tahun ini agenda itu dilaksanakan kembali.

"Alhamdulillah banyak warga yang terbantu dan pihak-pihak yang kita ajak untuk kegiatan donor darah ini juga merasa senang," jelasnya.

Baca Juga: Warga Lamongan Temukan Empat Mortir di Lahan Perkebunan

2. Targetkan 100 kantong darah

Peringati Hari Pers, Puluhan Wartawan Lamongan Gelar Donor DarahIDN Times/ Imron

Pada aksi donor darah sendiri, PWI menargetkan 150 kantong darah dengan berbagai jenis golongan. Petugas PMI Kabupaten Lamongan juga sudah berhasil mengumpulkan puluhan kantong darah, yang diambil dari beberapa siswa SMA dan SMK itu.

"Ini masih berlangsung, dan kegiatannya sudah kita mulai sejak pukul 7.00 pagi tadi dan Alhamdulillah sudah terkumpul puluhan kantong dan kita tergetkan 150 kantong darah yang terkumpul. Setelah itu petugas dari PMI langsung membawa darah ini ke kantor mereka," jelas Qomar.

3. Bedah rumah dan taman ratusan pohon

Peringati Hari Pers, Puluhan Wartawan Lamongan Gelar Donor DarahIDN Times/ Imron

Selain donor darah, agenda rutin yang juga menjadi acara peringatan HPN setiap tahunnya adalah tanam ratusan pohon di sejumlah wilayah yang ada di beberapa tempat. Tujuan penamaan bibit pohon sendiri untuk menambah kawasan penghijauan. Tak hanya itu, masyarakat yang kurang mampu juga dibantu, dengan memberikan bantuan bedah rumah. "Tahun lalu sudah ada dua rumah warga Lamongan yang tidak mampu kita lakukan bedah rumah, dan tahun 2019 ini kita agendakan ada tiga rumah," terangnya.

4. Siswa SMA antusiasi ikuti aksi donor darah

Peringati Hari Pers, Puluhan Wartawan Lamongan Gelar Donor DarahIDN Times/ Imron

Sementara itu terpisah, salah satu murid SMA Negeri 2 Lamongan Risma Aldita Salsabilla mengaku senang dengan kegiatan yang dilakukan oleh puluhan wartawan. Selain bertugas menyampaikan sebuah berita kepada publik, juga membuat kegiatan sosial bagi masyarakat banyak. Aksi ini menurut dia, jangan hanya diadakan pada saat peringatan HUT HPN setiap tahunnya, tetapi pada momentum peringatan HUT lainnya juga perlu dilaksanakan.

5. Akan disumbangkan untuk korban tsunami

Peringati Hari Pers, Puluhan Wartawan Lamongan Gelar Donor DarahIDN Times/ Imron

Darah yang terkumpul juga tidak hanya disalurkan kepada masyarakat Lamongan saja melainkan juga disumbangkan pada warga Indonesia yang saat ini tengah dilanda bencana tanah longsor, gempah dan tsunami.

"Saya sangat memberikan apresiasi sekali, karena melalui hal-hal seperti inilah saudara kita yang terkena musibah juga bisa terbantu. Kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi bagi PMR dikalangan pelajar antar sekolah di Lamongan," katanya.

Baca Juga: Hari Pertama Sekolah, 13 Pelajar SMP di Lamongan Pesta Tuwak di TPA

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya