Hari Pertama Sekolah, 13 Pelajar SMP di Lamongan Pesta Tuwak di TPA

Bagi pelajar yang lainnya, jangan ditiru ya

Lamongan, IDN Times- Hari pertama masuk sekolah, pasca libur panjang akhir tahun ternyata digunakan untuk hal yang negatif oleh 13 pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Lamongan. Bukannya ikut belajar di kelas, mereka justru pesta minuman keras (Miras), Rabu (2/12). Mereka pun  digelandang ke Kantor Satpol-PP Kabupaten Lamongan untuk dilakukan pendataan.


"Memang benar, tadi siang petugas satpol PP Kabupaten Lamongan, menangkap sejumlah pelajar yang sedang pesta miras di sebuah lokasi pembuangan sampah," kata Kasi Ops dan Pengendalian Satpol PP Kabupaten Lamongan, Bambang Yustiono.

1. Pesta miras di lokasi pembuangan sampah

Hari Pertama Sekolah, 13 Pelajar SMP di Lamongan Pesta Tuwak di TPAfirststepbh.com

Saat ditangkap, 13 pelajar yang masih berseragam sekolah itu tengah bercanda gurau terpengaruh miras bersama rekan sejawatnya di lokasi tempat pembuangan sampah, Desa  Tambakrigadung, Kecamatan Tikung. "Lokasi tersebut juga sudah kita pantau, hal ini menyusul banyaknya laporan masyarakat yang kerap menjumpai para pelajar kerap nongkrong sembari menghisap rokok," katanya.

2. Minuman keras yang dikonsumsi pelajar berjenis tuwak

Hari Pertama Sekolah, 13 Pelajar SMP di Lamongan Pesta Tuwak di TPADok IDN Times/Istimewa

Sedangkan minuman keras yang dikonsumsi belasan pelajar itu berjenis tuwak yang dibeli dari salah satu warga yang sudah dikantongi identitasnya. Ada satu botol plastik dan satu jerigen kecil tuwak yang diamankan dari 13 pelajar asal Lamongan itu. Selain mengamankan belasan liter tuwak, petugas juga menyita beberapa makanan ringan yang dijadikan teman minum tuwak oleh para pelajar.

3. Tuwak yang diminum berasal dari luar Lamongan

Hari Pertama Sekolah, 13 Pelajar SMP di Lamongan Pesta Tuwak di TPAIlutrasi miras/IDN Times/Imam Rosidin

Kuat dugaan, miras jenis tuwak yang diminum belasan pelajar itu dipasok orang dari luar Lamongan, sehingga dijual bebas disejumlah warung-warung. "Bisa jadi tuwak yang mereka minum sisa dari malam pergantian tahun, kemudian sisanya mereka beli dan dikonsumsi secara bersamaan pada saat awal masuk sekolah paska libur akhir tahun. Ini juga masih kita selidiki," tambahnya.

4. Pelajar yang ditangkap diberikan pembinaan

Hari Pertama Sekolah, 13 Pelajar SMP di Lamongan Pesta Tuwak di TPAClipart-library.com

Selanjutnya pelajar yang ditangkap, kemudian oleh petugas diberikan pembinaan dan diminta untuk membuat surat pernyataan bermaterai Rp6 ribu, tidak mengulangi perbuatan serupa yang disaksikan oleh pihak sekolah dan orangtua mereka masing-masing. "Kita bina dan diserahkan kepada pihak keluarga dan guru tempat ke 13 siswa menimba ilmu," tegasnya.

Baca Juga: Menyeberang di Perlintasan Tanpa Pintu, Warga Lamongan Disambar Kereta

5. Pelajar diminta belajar yang serius di sekolah

Hari Pertama Sekolah, 13 Pelajar SMP di Lamongan Pesta Tuwak di TPARawpixel.com

Kasus pesta miras yang dilakukan belasan pelajar SMP di Lamongan ini. Oleh semua pihak baik guru, maupun orang tua, perlu disikapi secara sesama agar kejadian ini tidak menimpah pelajar lainnya. Untuk siswa yang masih duduk di bangku sekolah sebaiknya belajar yang tekun tidak suka membolos apalagi menenggak minuman keras yang mempunyai risiko tinggi hingga menyebabkan hilangnya nyawa seseorang. 

Baca Juga: Malam Tahun Baru, Polres Lamongan Gagalkan Penyelundupan Miras

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya