Malam Tahun Baru, Polres Lamongan Gagalkan Penyelundupan Miras

Tutupen botolmu, tutupen oplosanmu

Lamongan, IDN Times- Ribuan liter Minuman Keras (Miras) berbagai jenis disita Polres Lamongan, Senin (31/12). Miras itu rencananya akan diedarkan di seluruh penjuru wilayah Lamongan dalam menyambut pergantian tahun baru itu disita dari enam pelaku.

Sebanyak enam orang pelaku saat ini sudah ditahan untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. "Alhamdulillah kami jajaran Kepolisian Polres Lamongan berhasil mengungkap kasus peredaran minuman keras yang akan dijual untuk penyambutan pergantian tahun baru," kata Kapolres Lamongan, AKBP Feby DP Hutagalung.

1. Pemasok miras berasal dari luar Lamongan

Malam Tahun Baru, Polres Lamongan Gagalkan Penyelundupan MirasIDN Times/Imron

Feby mengatakan bahwa enam pelaku yang tertangkap merupakan warga luar Lamongan. Tak hanya Lamongan, mereka juga berencana memasok miras ke Gresik dengan cara menyelundupkanyan melalui bagasi mobil dan Bus. "Jadi keenam pelaku pemasok miras ini berhasil kita tangkap di berbagai lokasi. Mereka rata-rata berasal dari luar daerah," jelas Kapolres.

2. Ribuan liter lebih miras berbagai jenis diamankan

Malam Tahun Baru, Polres Lamongan Gagalkan Penyelundupan MirasIDN Times/Imron

Dari ke enam pelaku, lanjut Feby, polisi berhasil mengamankan 3 ribu lebih miras berbagai jenis yang dikemas dalam jerigen dan botol plastik. Selain itu, sejumlah miras hasil racikan pabrik seperti merek Bir Bintang dan lainnya juga diamankan dari sejumlah warung dan kios di Lamongan.

"Jadi hari ini teman-teman bisa lihat hasil operasi yang kita lakukan selama dua hari, miras yang berhasil kita amankan ada 300 botol arak total 450 liter, 48 jiregen tuwak berbagai ukuran total 1300 liter dan bir bintang 54 botol," jelasnya.

3. Dua unit mobil yang dijadikan pemasok miras diamankan

Malam Tahun Baru, Polres Lamongan Gagalkan Penyelundupan MirasIDN Times/Imron

Selain menyita ribuan liter miras. Polisi juga mengamankan dua unit mobil yang dijadikan pelaku untuk memasok miras ke wilayah Lamongan. Mobil berjenis Avanza dan Grand Max pick up itu saat ini sudah diamankan di halaman Mapolres Lamongan.

"Mobil ini yang dibawa para pelaku untuk memasok miras. Karena miras ini berasal dari luar daerah seperti Tuban, kedepan kita akan koordinasi dengan kepolisian setempat dalam memberangus peredaran minuman keras ini," tegasnya.

4. Ada 600 lebih personil gabungan disiagakan untuk pengamanan tahun baru

Malam Tahun Baru, Polres Lamongan Gagalkan Penyelundupan MirasIDN Times/Imron

Feby menjelaskan, saat ini sebanyak 600 personil gabungan dari TNI-POLRI dan instansi pemerintah Dishub, Satpol PP dan gabungan pesilat dikerahkan untuk mengamankan jalannya pergantian tahun baru. Mereka akan bertugas diwilayah yang sudah ditentukan, seperti sejumlah persimpangan, perempatan dan pertigaan Jalan untuk mengurai kemacetan. Setelah dilakukan apel sejumlah personil itu sudah berangkat ke lokasi masing-masing.

Baca Juga: Malam Tahun Baru, Malang Night Paradise Luncurkan Seribu Kembang Api

5. Masyarakat diminta untuk mentaati peraturan

Malam Tahun Baru, Polres Lamongan Gagalkan Penyelundupan MirasIDN Times/Imron

Untuk itu pihaknya berharap kepada seluruh masyarakat Kabupaten Lamongan yang malam ini mengelar kegiatan pergantian tahun baru, diminta untuk tetap menjaga keamanan dan mematuhi peraturan yang berlaku. Tetap santun dalam berkendara dan hindari minum-minuman beralkohol karena itu dapat memicu terjadinya keributan antar sesama. 

Baca Juga: Menyeberang di Perlintasan Tanpa Pintu, Warga Lamongan Disambar Kereta

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya