Comscore Tracker

KPU Lamongan Temukan Lebih dari 2000 Lembar Surat Suara Rusak

Semoga tidak menghambat pelaksanaan pemilu

Lamongan, IDN Times- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lamongan menyatakan total jumlah surat suara rusak hingga kini sudah mencapai 2.508. Rinciannya, kertas surat suara DPRD Kabupaten, berjumlah sekitar 300, DPRD provinsi 629, DPR-RI 786, DPD 409 dan surat suara Presiden dan wakilnya 163.

"Dari proses pelipatan sekaligus penyortiran kita menemukan sebanyak 2 lebih kertas surat suara yang rusak, untuk proses pelipatan dan penyortiran di KPU Lamongan kemarin sudah selesai dan surat surat tersebut sudah kita simpan di KPU," kata Anggota Komisioner KPU Lamongan Divisi SDM dan Parmas, Emha Fatkhurrohman, kepada IDN Times di ruang kerjanya, Rabu (13/3), siang.

1. Sudah dilaporkan ke KPU Provinsi

KPU Lamongan Temukan Lebih dari 2000 Lembar Surat Suara RusakIDN Times/ Imron

Untuk surat suara yang mengalami kerusakan, KPU Lamongan langsung melaporkannya ke KPU Provinsi Jatim. Mereka meminta agar pengganti surat tersebut dikirim ulang. Meski begitu,  Fatkhurrohman mengatakan bahwa kejadian ini tidak akan menghambat proses pemilihan umum pada 17 April 2019 mendatang.

"Karena kertas surat suara rusak ini memang menjadi prioritas utama KPU Provinsi, maka Insya Allah dalam waktu dekat juga akan dikirim, setelah dikirim kita akan merekrut beberapa pekerja untuk melipat dan menyortirnya," jelasnya.

2. Terdapat bercak tinta dan pemotongan kertas yang tidak sesuai

KPU Lamongan Temukan Lebih dari 2000 Lembar Surat Suara RusakIDN Times/ Imron

Ia mengatakan, untuk kerusakan kertas surat suara rata-rata karena potongan yang tidak simetris dan ada bercak tinta. Sebenarnya ada beberapa kertas dengan warna sedikit buram, namun KPU menyatakan jenis kerusakan ini masih bisa ditolerir. "Informasi yang kita terima dari perusahaan percetakan juga saat ini terus mengerjakan. Karena mungkin tidak hanya di Lamongan saja yang terdapat kertas surat suara yang rusak tapi masih ada beberapa kabupaten/kota di Jatim yang mengalami hal serupa," jelasnya.

Baca Juga: Foto Dua Jari di Masjid, Caleg NasDem Diperiksa Bawaslu Lamongan

3. Pelipatan kertas surat suara dijaga petugas kepolisian dan Bawaslu

KPU Lamongan Temukan Lebih dari 2000 Lembar Surat Suara RusakIDN Times/ Imron

Sementara mekanisme pelipatan kertas surat suara sendiri masih sama dengan pada tahun-tahun sebelumnya. Sejumlah personil polisi dan petugas Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lamongan juga terlibat mengawasi jalannya pelipatan dan penyortiran kertas surat suara.

"Dan Alhamdulillah karena sudah selesai dikerjakan maka kita masih menunggu kertas surat suara yang diganti oleh KPU provinsi, semoga secepatnya datang," harapnya.

4. Imbau warga Lamongan gunakan hak pilih

KPU Lamongan Temukan Lebih dari 2000 Lembar Surat Suara RusakANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Fatkhurrohman juga berharap kepada masyarakat Lamongan agar menyukseskan pemilu 2019 dengan datang dan memberikan hak suaranya pada tanggal 17 April nanti di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Menurutnya, para wakil rakyat yang terpilih akan menentukan kebijakan pembangunan di daerah sampai lima tahun mendatang.

"Untuk sosialisasi terus kita lakukan, dan Insyaallah dalam waktu dekat ini kita juga akan mengadakan beberapa kegiatan agar dapat mendongkrak para pemilih untuk datang menyalurkan aspirasi di setiap TPS terdekat, terutama bagi para pemilih pemula," pungkasnya.

Baca Juga: Puluhan Pedagang di Lamongan Demo PD Pasar, Begini Tuntutannya 

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You