Jembatan di Lamongan Ambles Karena Girder Penyangga Anjlok 

Jembatan tersebut diperkirakan sudah berusia 20 tahun

Lamongan, IDN Times - Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII Jatim mengungkapkan penyebab amblesnya jembatan di Desa Plaosan, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan yang terjadi pada Jumat (4/11/2022) malam. Jembatan tersebut ambles karena ujung girder atau besi penyangga jembatan mengalami anjlok. Diduga anjloknya jembatan tersebut karena tak kuat menahan beban berat di atasnya.

1. Jembatan yang ambles akan dipasang plat besi di atasnya

Jembatan di Lamongan Ambles Karena Girder Penyangga Anjlok Jembatan di Desa Plaosan, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan ambles. IDN Times/Imron

Menurut Pengawas Lapangan BBPJN VIII Jatim Setyo Hari Santoso mengatakan, rencananya BBPJN VIII Jatim akan melakukan pengasapan di badan jembatan yang mengalami ambles tersebut. Usai dilakukan pengaspalan jembatan yang ambles juga akan dipasang plat besi 

"Penyebab amblesnya jembatan ini karena tak kuat menahan beban berat di atasnya sehingga girder atau besi penyangga jembatan mengalami anjlok," kata Setyo.

Baca Juga: Jembatan di Lamongan Ambles, Jalan Nasional Terhambat

2. Perbaikan jembatan menunggu keputusan dari pusat

Jembatan di Lamongan Ambles Karena Girder Penyangga Anjlok Jembatan di Desa Plaosan, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan ambles. IDN Times/Imron

Setyo mengaku, BBPJN VIII Jatim tidak melakukan pembongkaran jembatan yang mengalami ambles dikarenakan butuh waktu dan persetujuan dari pusat. Sementara jika nantinya usia dilakukan pengaspalan dan pemasangan plat besi di atasnya. Jembatan tersebut mengalami kerusakan yang cukup parah maka jalan satu-satunya diperbaiki ulang.

"Sambil kita evaluasi makanya untuk sementara waktu kita pasang plat besi di atas jembatan yang ambles. Karena jika ini dibongkar maka harus ada persetujuan dan rapat dengan atasan," jelasnya.

3. Jembatan tersebut diperkirakan sudah berusia 20 tahun

Jembatan di Lamongan Ambles Karena Girder Penyangga Anjlok Jembatan di Desa Plaosan, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan ambles. IDN Times/Imron

Rencananya perbaikan jembatan yang ambles ditargetkan akan selesai dalam waktu satu hari. Sementara usia diperbaiki jembatan yang ambles tersebut hanya boleh dilewatkan oleh kendaraan pribadi dan kecil saja. Sedangkan untuk kendaraan berat dan besar bisa lewat di sisi jembatan yang rusak.

"Ini kan satu jalur bisa dilewati dua kendaraan sekaligus ya. Nah nanti di atas jembatan yang kita perbaiki ini hanya boleh di lewati kendaraan pribadi dan untuk kendaraan besar lewat di sisi Utara," pungkasnya.

Sebenarnya diberikan Jembatan yang berada di Jalan Raya Nasional Surabaya-Semarang tersebut ambles pada pukul 01.00 malam. Diduga jembatan tersebut ambles karena tak kuat menahan beban. Usia jembatan itu sendiri diperkirakan lebih dari 20 tahun.

Baca Juga: Tukang Ojek Asal Lamongan Ini Sukses Jadi Youtuber Kaya Raya

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya