Hasil Swab, Satu Keluarga di Lamongan Positif COVID-19

Pemkab anggarkan Rp36 miliar untuk penanganan corona

Lamongan, IDN Times- Satu keluarga di Kabupaten Lamongan dinyatakan positif COVID-19 dan harus menjalani perawatan intensif di RSUD dr Soegiri Lamongan. Bupati Lamongan Fadeli mengatakan, satu dari lima anggota keluarga tersebut sebelumnya sudah dinyatakan positif terkena virus corona setelah mengikuti pelatihan petugas haji pada tanggal 9-19 Maret 2020 di Surabaya. 

Karena tidak menyadari jika dirinya sudah terjangkit virus corona, akhirnya anggota keluarga lainnya terkena juga. "Satu keluarga di Lamongan positif terkena virus corona," kata Fadeli, usai bagi-bagi masker dan sembako pada tukang becak di Jalan Lamongrejo, Selasa (7/4).

1. Diperkirakan jumlah warga terkena virus corona bertambah

Hasil Swab, Satu Keluarga di Lamongan Positif COVID-19Bupati Lamongan Fadeli saat membagikan masker peda warga. IDN Times/Imron

Saat ini, total sudah ada 13 warga Lamongan yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Diperkirakan, jumlah itu akan terus bertambah mengingat penyebaran virus corona di Lamongan semakin cepat. Namun, untuk berapa pastinya jumlah warga Lamongan yang terjangkit corona, bupati dua periode tersebut masih menunggu pengumuman swab dari pemerintah pusat.

2. Masyarakat Lamongan diwajibkan menggunakan masker

Hasil Swab, Satu Keluarga di Lamongan Positif COVID-19Petugas BPBD Kabupaten Lamongan bagikan bingkisan sembako pada tukang becak. IDN Times/Imron

Sementara, upaya yang saat ini tengah dilakukan Pemkab Lamongan agar penyebaran virus corona tidak meluas adalah dengan mencari orang-orang yang pernah kontak langsung dengan penderita corona, serta mewajibkan bagi seluruh warga Lamongan agar memakai masker dan menghindari kerumunan massa.

"Yang jelas ada penambahan tapi saya tidak bisa mengumumkannya karena itu kewenangan pusat dan saya wajibkan bahkan instruksi langsung ke desa-desa agar memakai masker," imbuhnya.

3. Sediakan tempat isolasi bagi masyarakat Lamongan yang baru pulang dari perantauan

Hasil Swab, Satu Keluarga di Lamongan Positif COVID-19Salah satu PNS di Lamongan membagikan masker pada pengendara motor. IDN Times/Imron

Pemkab Lamongan juga sudah menyediakan tempat isolasi seperti rusunawa di Jalan Veteran Lamongan. Tempat itu nantinya akan dijadikan ruang isolasi bagi pasien COVID-19. Sementara bagi orang-orang yang baru saja pulang dari perantauan, bupati mengintruksikan kepada kepala desa agar memakai kantor desa untuk dijadikan ruang isolasi sementara. "Orang-orang Lamongan yang dahuluhnya pernah tinggal di daerah zona merah, harus diisolasi dulu makanya pihak desa harus menyediakan," terang Fadeli. 

4. Pemkab anggarkan Rp36 miliar

Hasil Swab, Satu Keluarga di Lamongan Positif COVID-19Bupati Lamongan Fadeli saat membagikan masker peda warga. IDN Times/Imron

Fadeli melanjutkan, upaya pemerintah dalam menanggulangi wabah virus corona pun terus dilakukan. Pemerintah Lamongan sendiri sudah mengelontorkan dana sebesar Rp36 yang dikhususkan untuk penanganan virus corona.

"Mulai kemarin kita bersama Kapolres dan Pak Dandim 0812 Lamongan. Sudah membagikan masker - masker kepada para masyarakat yang belum memakainya," pungkasnya.

Baca Juga: Pemkab Lamongan Beli Alat Tes Corona dari Korea Selatan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya