Comscore Tracker

Gelontorkan Rp14 Miliar, Lamongan Bakal Bangun Menara Rukyatul Hilal

Tahun depan bakal mulai dikerjakan

Lamongan, IDN Times- Pemerintah Kabupaten Lamongan berencana membangun menara pemantau hilal atau rukyatul hilal di kawasan Tanjung Kodok, Paciran. Pemerintah akan menggelontorkan dana sebesar Rp14 miliar untuk pembangunan menara tersebut.

Lokasi tanjung dipilih, karena wilayah tersebut langsung berdekatan dengan garis pantai dan dinilai sangat strategis. Selain itu, tanjung kodok adalah satu di antara tempat pemantauan hilal di Indonesia. "Menara rukyatul hilal yang rencananya kita bangun ini akan menghabiskan dana sekitar Rp14 miliar," kata Asisten 1 Pemkab Lamongan, Heruwidi.

Baca Juga: Ditahan Imbang 0-0, Persela Lamongan Gagal Mentas dari Zona Degradasi

1. Tahun depan mulai dikerjakan oleh kontraktor

Gelontorkan Rp14 Miliar, Lamongan Bakal Bangun Menara Rukyatul HilalIDN Times/ Imron

Untuk pembangunan menara rukyatul hilal, pemerintah setempat baru akan mengerjakan proyek tersebut pada awal tahun 2020 nanti. Sejauh ini persiapan pembangunan menara rukyatul hilal juga sudah dimulai dengan mendesain gambar menara yang bakal dibangun. "Untuk saat ini informasinya desain gambar sudah ada dan tinggal eksekusi saja pada tahun 2020 nanti," imbuhnya.

2. Dibangun dengan disain lima lantai

Gelontorkan Rp14 Miliar, Lamongan Bakal Bangun Menara Rukyatul HilalIDN Times/ Imron

Pembangunan menara rukyatul hilal yang menelan anggaran Rp14 miliar tersebut, akan dibangun lima lantai. Masing-masing lantai nanti bakal dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang berbeda. Lantai 1 dan lantai 2 untuk ruangan observastorium, sementara lantai 3 akan dijadikan museum. Adapun lantai 4 dan 5 masing-masing  digunakan sebagai kafe dan ruang pertemuan.

3. Bakal menjadi daya tarik para wisatawan

Gelontorkan Rp14 Miliar, Lamongan Bakal Bangun Menara Rukyatul HilalIDN Times/ Imron

Menara rukyat juga bakal menjadi salah satu wahana baru bagi wisatawan yang ingin bisa melihat hilal secara langsung dan belajar tentang ilmu falahiyah. Saat ini pemerintah Lamongan juga tengah bernegosiasi dengan Wisata Bahari Lamongan. "Kita meminta doa restu dan dukungan dari masyarakat Lamongan agar pembangunan menara Hilal di Tanjung Kodok ini akan segera bisa dimulai," pungkasnya.

Baca Juga: Undik-undikan, Tradisi Tebar Uang Warga Lamongan untuk Ucap Syukur

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You