CFD Masih Boleh di Lamongan, Dinkes Cek Suhu dan Bagi Hand Sanitizer

Bupati sebut Lamongan masih aman dari corona

Lamongan, IDN Times - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lamongan menurunkan 65 petugas medis untuk mengecek kondisi suhu tubuh pengunjung car free day (CFD) di Alun-alun Kota Lamongan, Minggu pagi (15/3). Petugas membawa alat pengukur suhu tubuh dan mengecek setiap peserta yang akan memasuki alun-alun. Mereka juga membagikah hand sanitizer sebagai langkah mencegah penyebaran virus corona.

1. Masyarakat masih boleh menjalankan kegiatan CFD

CFD Masih Boleh di Lamongan, Dinkes Cek Suhu dan Bagi Hand SanitizerWarga menggelar acara car free day di Alun-alun Kota Lamongan. IDN Times/Imron

Pemkab Lamongan memang belum mengeluarkan surat edaran terkait larangan CFD. Alasannya, Lamongan masih aman dari Covid-19.

"Kalau di daerah lainnya sudah acara car free day ditiadakan. Di Lamongan tidak, karena masih aman," terang Bupati Lamongan Fadeli.

2. Waktu CFD perlu dibatasi

CFD Masih Boleh di Lamongan, Dinkes Cek Suhu dan Bagi Hand SanitizerBupati Lamongan Fadeli memberikan hadiah. IDN Times/Imron

Meski CFD dilarang, Fadeli tetap meminta kepada masyarakat agar membatasi waktu. Tidak terlalu lama berada di CFD adalah sebuah langkah yang bijak.

"Sebenarnya acara Bank Jatim pagi ini ramai dikunjungi warga Lamongan. Tapi, saya tegaskan untuk dibatasi, sebagai bentuk antisipasi penyebaran virus corona," ungkapnya.

Baca Juga: Mahasiswa Lamongan Masih Tertahan di Wuhan, Unesa Temui Keluarganya

3. Warga tetap diminta untuk menghindari kerumunan massa

CFD Masih Boleh di Lamongan, Dinkes Cek Suhu dan Bagi Hand SanitizerAlun-alun Lamongan dipenuhi orang tua dan anak-anak di setiap hari Minggunya. IDN Times/Imron

Selain itu Fadeli juga meminta kepada seluruh masyarakat, agar menghindari kerumunan massa. Untuk menanggulangi merebaknya virus corona, pemkab juga berupaya melakukan sosialisasi pencegahan sedini mungkin.

"Kami minta untuk menghindari kerumunan massa," lanjut bupati dua periode tersebut.

4. Bentuk tim penanganan virus corona

CFD Masih Boleh di Lamongan, Dinkes Cek Suhu dan Bagi Hand SanitizerWarga menggelar acara car free day di Alun-alun Kota Lamongan. IDN Times/Imron

Pemkab Lamongan sendiri sudah membentuk tim khusus penanganan virus corona. Tim tersebu diketuai oleh Sekda Lamongan Yuhronur Efendi. Personel Polri dan TNI turut dilibatkan dalam tim tersebut.

"Alhamdulillah Lamongan masih aman dari wabah virus corona," tukas Fadeli.

Baca Juga: Cegah Corona, CFD Kota Surabaya Dihentikan Sementara

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya