Banjir Bandang, Jembatan Penghubung Desa di Lamongan Terputus

Masyarakat gotong royong bikin jembatan darurat dari bambu

Lamongan, IDN Times- Jembatan yang menghubungkan Desa Kedungsoko dan Sidomulyo, Kecamatan Mantup, Kabupaten Lamongan, putus setelah diterjang banjir bandang pada Rabu (1/1). 

Jembatan itu terputus karena tidak kuat menahan derasnya arus sungai Kedungsoko yang saat itu meluap karena tidak mampu menampung debit air saat hujan lebat tiba. "Jembatan yang menghubungkan dua desa putus karena pada saat itu hujan deras air mengalir sangat deras," kata Kasi Tanggap Darurat BPBD Lamongan, Muslimin di ruang kerjanya, Kamis (2/1).

1. Jembatan masih layak dilalui

Banjir Bandang, Jembatan Penghubung Desa di Lamongan TerputusWarga membersihkan tumpukan sampah kayu yang menutupi aliran sungai. IDN Times/istimewa

Usia jembatan sendiri, lanjut Muslimin, sebenarnya tidak terlalu tua dan masih layak untuk dilalui. Lantaran arus sungai kali sangat deras serta ditambah tumpukan sampah, aliran air pun terhambat. Walhasil, jembatan pun tak kuat menahan derasnya air hingga akhirnya terputus. "Masih layak dilalui kendaraan bermotor dan roda empat. Tapi karena saat ini terputus maka roda empat tidak bisa lewat," katanya.

2. Masyarakat membuat jembatan darurat

Banjir Bandang, Jembatan Penghubung Desa di Lamongan TerputusPetugas BPBD Lamongan dan TNI saat meninjau jembatan yang terputus. IDN Times/Istimewa

Agar bisa dilewati. Untuk saat ini masyarakat setempat terpaksa membuat jembatan darurat yang terbuat dari anyaman bambu atau gedek."Jembatan sementara dari kayu, tapi ini hanya bisa dilewati oleh kendaraan bermotor. Untuk mobil dump truk atau roda empat lainnya masih belum bisa. Dan kami juga sudah upayakan agar segera ditangani," tegasnya.

3. Aktivis masyarakat terganggu

Banjir Bandang, Jembatan Penghubung Desa di Lamongan TerputusAliran sungai tersumbat sampah tumpukan kayu. IDN Times/Istimewa

BPBD Lamongan sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bina Marga agars segera ditindaklanjuti. Mereka juga meminta agar jembatan yang mempunyai lebar 3 meter dan panjang 40 meter itu diperbaiki. "Untuk upaya yang kita lakukan kami datang ke lokasi dan mengecek kondisi jembatan serta membersihkan sampah kayu yang menyangkut di bawa jembatan," ungkapnya.

Baca Juga: Simpan Senjata Api Ilegal di Rumah, Dua Warga Lamongan Diciduk Polisi

4. Jembatan putus bakal dipasang plat besi

Banjir Bandang, Jembatan Penghubung Desa di Lamongan TerputusPetugas BPBD Lamongan dan TNI saat meninjau jembatan yang terputus. IDN Times/Istimewa

Rencananya, DPU Bina Marga Lamongan sendiri bakal melakukan pemasangan plat besi di sekitar jembatan sampai menunggu proses pekerjaan proyek jembatan selesai. Tujuan pemasangan plat agar pengendara motor aman saat melintas. "Untuk teknisnya mungkin bisa ditanyakan ke PU tapi yang jelas informasi yang kami terima akan dipasang plat besi pada jabatan yang putus. Dan harapan kami pada masyarakat agar tetap waspada karena saat ini curah hujan juga sangat lebat," pungkasnya.

Baca Juga: Tak Layak Jalan, Satu Unit Bus AKAP di Lamongan Diamankan Petugas

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya