Ribuan Ikan Air Tawar di Sungai Lamongan Mati, Ini Penyebabnya

Warga sempat menduga karena cemaran limbah

Lamongan, IDN Times - Ribuan ikan air tawar di sepanjang aliran Kali Kucur, Desa Kucur, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan mati secara mendadak. Sontak penemuan ribuan ikan yang mati tersebut membuat warga yang tinggal di dekat sungai bertanya-tanya. Tak sedikit dari mereka bahkan mengkaitkan ikan mati tersebut akibat tercemar limbah. Ikan-ikan tersebut mati sejak Rabu (20/7/2022), kemarin.

1. DLH Lamongan sebut ikan mati bukan disebabkan limbah

Ribuan Ikan Air Tawar di Sungai Lamongan Mati, Ini PenyebabnyaDiduga diracun, ribuan ikan di Kali Kucur Lamongan mati mendadak. IDN Times/Imron

Penemuan ribuan ikan yang mati inipun kemudian diteliti oleh Dinas Lingkungan Hidup Lamongan. Hasilnya, ribuan ikan yang mati bukan disebabkan oleh pencemaran limbah atau faktor alam, melainkan dalam kandungan air terdapat senyawa potasium.

"Setelah kita teliti ternyata bukan karena faktor limbah atau alam, tapi memang ikan itu mati akibat racun potassium," kata Kadis Lingkungan Hidup Lamongan, Anang Taufik, kepada IDN Times, Kamis (21/7/2022).

2. Ikan tersebut mati diduga sengaja diracun

Ribuan Ikan Air Tawar di Sungai Lamongan Mati, Ini PenyebabnyaDiduga diracun, ribuan ikan di Kali Kucur Lamongan mati mendadak. IDN Times/Imron

Anang menduga ikan tersebut sengaja diracuni oleh seseorang yang sedang mencari ikan. Dampak yang dihasilkan dari kandungan racun potassium sendiri bisa sampai 200 sampai 300 meter. Tak hanya ikan besar ataupun indukannya saja yang mati, namun racun ini juga mengakibatkan anaknya mati.

"Bisa sampai radius 200 sampai 300 meter kalau racunnya itu. Makanya pengunaan potasium sangat berbahaya bagi sungai itu sendiri dan ini tergolong pencemaran lingkungan," jelasnya.

Baca Juga: Jalan Nasional di Lamongan Dicor, 1,5 Bulan Bakal Macet Parah

3. Kali Kucur merupakan anak Sungai Bengawan Solo

Ribuan Ikan Air Tawar di Sungai Lamongan Mati, Ini PenyebabnyaDiduga diracun, ribuan ikan di Kali Kucur Lamongan mati mendadak. IDN Times/Imron

Adapun jenis ikan yang mati di aliran kali tersebut yakni, ikan mujaer, sepat, tokek dan jenis ikan kecil lainnya termasuk wader pari. Untuk itu pihak meminta kepada masyarakat agar tidak lagi menggunakan racun potassium saat mencari ikan karena dapat mencemari lingkungan.

"Ya kita tahu sendiri kan, kali ini merupakan anak dari Sungai Bengawan Solo, kalau dari hulu sampai hilir ini tercemar kan gak baik juga. Kalau mau ngambil ikan pakai jaring atau alat pancing kan bisa," pungkasnya.

Baca Juga: Mobil Pengangkut BBM Terbakar dan Meledak di SPBU Lamongan

Imron Saputra Photo Community Writer Imron Saputra

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya