Comscore Tracker

Sebar Hoaks Mahasiswa Tularkan HIV/AIDS, Pria di Bojonegoro Ditangkap

Ia menyebut ada mahasiswa yang datang ke rumah-rumah warga

Bojonegoro, IDN Times - Seorang pria berinisial ZM, warga Kecamatan Sukosewu, Kabupaten Bojonegoro ditangkap polisi karena diduga menyebarkan berita bohong. Pelaku membagikan rekaman suara memulai pesan WhatsApp yang menyebut jika ada mahasiswa menyebarkan virus HIV/Aids saat pemeriksaan kesehatan dari rumah ke rumah.

1. Pelaku menyebarkan berita bohong melalui pesan WhatsApp

Sebar Hoaks Mahasiswa Tularkan HIV/AIDS, Pria di Bojonegoro DitangkapGedung Mapolres Bojonegoro. IDN Times/Imron

Rekaman suara itu, disebarluaskan oleh ZM di kalangan lingkungan tempat tinggalnya atau RT. Kemudian rekaman suara itu meluas hingga membuat masyarakat Bojonegoro merasa resah.

Kapolsek Sukosewu, Iptu Moch Safi'i saat dihubungi IDN Times mengatakan awalnya pelaku mendapatkan rekaman suara itu dari group di luar Bojonegoro. Kemudian pelaku membuat rekaman suaranya ulang seolah-olah rekaman suara itu terjadi di Bojonegoro.

"Dari luar Bojonegoro mas, kemudian pelaku membuat suara atau voice dan disebarkan melalui RT," katanya.

Baca Juga: Demo BBM, Wakil Ketua DPRD Bojonegoro Dilempar Miniatur Batu Nisan

2. Tidak ada mahasiswa yang melakukan pemeriksaan dari rumah ke rumah

Sebar Hoaks Mahasiswa Tularkan HIV/AIDS, Pria di Bojonegoro DitangkapGedung Mapolres Bojonegoro. IDN Times/Imron

Setelah menyebar luas, pelaku kemudian ditangkap polisi dan dimintai keterangan. Dari hasil pemeriksaan ternyata pelaku dengan sengaja membuat rekaman suara dan menyebarkannya. Safi'i mengatakan, di Bojonegoro sendiri tidak ada mahasiswa yang melakukan pemeriksaan kesehatan dari rumah ke rumah sebagaimana yang ada di dalam rekaman suara itu.

"Untuk isi rekamannya, katanya ada mahasiswa yang menyebarkan HIV/Aids saat pemeriksaan kesehatan dari rumah ke rumah. Padahal gak ada mahasiswa yang melakukan pemeriksaan," jelasnya.

3. Pelaku tidak ditahan hanya diberikan pembinaan

Sebar Hoaks Mahasiswa Tularkan HIV/AIDS, Pria di Bojonegoro DitangkapSebar berita bohong, pria di Bojonegoro diamankan polisi. Dok Istimewa

ZM, lanjut Safi'i, tidak ditahan hanya saja diberikan pembinaan agar pelaku tidak mengulangi perbuatannya kembali. Sementara terkait hal ini, ia meminta masyarakat Bojonegoro, khususnya di Sukosewu agar tidak menyebarluaskan informasi yang belum tentu kebenarannya.

"Jangan disebarkan dulu, sebelum informasi itu benar adanya. Jadi mari kita semua bijaklah bermedsos," pungkasnya.

Baca Juga: Diduga Ujarkan Kebencian dan Hoaks, Pengacara HPH Diadukan ke Polda

Imron Saputra Photo Community Writer Imron Saputra

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya