Video Camat Salah Baca Sila ke Empat Pancasila Viral di Medsos

Camat mengaku kurang fokus

Tuban, IDN Times - Video Camat Kerek, Kabupaten Tuban Nanang Wahyudi salah membaca sila ke empat teks Pancasila saat menjadi pembina upacara bendera HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun viral di media sosial.

Video berdurasi 6 menit 50 detik itu menjadi viral di sejumlah grup WhatsApp. Termasuk, Ketua DPRD Tuban H. Miyadi ikut membagikan video salah baca teks Pancasila tersebut.

1. Camat memimpin pembacaan teks Pancasila sambil membawa map

Video Camat Salah Baca Sila ke Empat Pancasila Viral di MedsosTangkapan layar camat salah baca sila ke empat. Dok Istimewa

Dalam keterangan yang di tulis Miyadi Camat kerek yang salah membaca teks Pancasila. Pesan yang diteruskan H. Miyadi di salah satu grup WhatsApp sambil menyertakan video yang viral, Selasa (22/8/2023). 

Dalam video tersebut, Camat Kerek memimpin pembacaan teks Pancasila sambil membawa map salinan yang berisi butir-butir Pancasila. Lalu, para peserta upacara mengikuti dengan lancar sila pertama sampai ke tiga Pancasila.

Baca Juga: Masjid Perut Bumi di Tuban: Lokasi dan Daya Tarik

2. Salah mengucapkan isi sila keempat

Video Camat Salah Baca Sila ke Empat Pancasila Viral di MedsosTangkapan layar camat salah baca sila ke empat. Dok Istimewa

Kemudian Camat Kerek yang berdiri di atas podium sambil mengenakan kopiah atau topi pet camat melanjutkan membaca sila keempat Pancasila. Sayangnya, Nanang malah salah mengucapkan isi sila keempat Pancasila tersebut. “Empat, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan keadilan,” kata Nanang Camat Kerek.

Peserta upacara yang sadar akan kesalahan Camat tersebut tetap mengucapkan sila keempat sebagaimana mestinya. Setelah itu prosesi pembacaan teks Pancasila berjalan dengan lancar pada sila kelima sampai upacara selesai.

3. Camat mengaku saat itu tidak fokus karena banyak agenda dan acara

Video Camat Salah Baca Sila ke Empat Pancasila Viral di MedsosTangkapan layar camat salah baca sila ke empat. Dok Istimewa

Saat dikonfirmasi terkait kesalahan dalam membacakan teks Pancasila Camat Kerek mengaku saat itu tidak fokus karena banyak agenda dan acara. Oleh sebab itu dirinya menyampaikan permohonan maaf atas kejadian tersebut.

“Saya sebagai manusia lumrah jelas memiliki kekurangan, termasuk dalam pembacaan teks Pancasila tersebut," katanya.

Baca Juga: Nelayan di Tuban Hilang saat Melaut

Imron Saputra Photo Community Writer Imron Saputra

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya