Raih 322 Penghargaan, Kepemimpinan Wali Kota Risma Diakui Dunia

Surabaya berubah di masa kepemimpinan Wali Kota Risma

Surabaya, IDN Times - Kerja keras dan dedikasi Wali Kota Risma selama 10 tahun memimpin Surabaya berbuah manis. Berbagai penghargaan nasional hingga internasional disapu bersih. Sejak 2010 hingga 3 November 2020, Pemkot Surabaya telah meraih 322 penghargaan nasional dan internasional, baik untuk penghargaan individu (Wali Kota Risma) maupun instansi. 

Wali Kota Risma mengatakan bahwa tujuan utama pembangunan Kota Surabaya bukan penghargaan, melainkan kesejahteraan warga Surabaya. Menurutnya, yang terpenting ialah bekerja dan terus bekerja demi perbaikan Kota Surabaya. 

"Saya pastikan berkali-kali tujuannya bukan untuk penghargaan, tapi tujuan pembangunan Surabaya untuk kesejahteraan warga, itu saja," kata Wali Kota Risma melalui keterangan resmi yang diterima, Jumat (4/12/2020).

1. Dijadikan penyemangat untuk bekerja lebih keras

Raih 322 Penghargaan, Kepemimpinan Wali Kota Risma Diakui DuniaWali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyalami Presiden Turki Recep Tayyib Erdogan di sela-sela International Forum of Women in Local Government di Ankara pada 11-12 Desember 2019. (ANTARA/KBRI Ankara/pri)

Menurut Wali Kota Risma, berbagai penghargaan yang didapatkan selama ini dijadikan sebagai penyemangat untuk mendorong dirinya dan jajarannya untuk lebih bekerja keras. Bahkan, ia terus berkomitmen untuk tidak berhenti meningkatkan kesejahteraan warga Kota Surabaya hingga akhir masa jabatannya. 

"Terima kasih, mudah-mudahan apresiasi yang terus kami dapat menjadikan kami bekerja lebih keras lagi dalam memberikan kesejahteraan warga kota," ujarnya.

Wali Kota Risma yang juga menjabat Presiden United Cities and Local Government (UCLG) Asia Pasific (Aspac) ini menjelaskan, penghargaan yang diperoleh tersebut akan menjadikan Kota Pahlawan tidak hanya dikenal di dalam negeri saja. Ia berharap, dunia mampu melihat keindahan Surabaya sebagai kota wisata kelas dunia. 

"Mudah-mudahan Kota Surabaya bisa lebih dikenal bukan hanya di Indonesia, tapi dikenal seluruh penjuru dunia," jelasnya.

Baca Juga: Debat Kedua Pilkada Surabaya, ERJI Jamin Lansia di Surabaya

2. Pemkot Surabaya mendapatkan 30 penghargaan internasional dan 292 penghargaan nasional

Raih 322 Penghargaan, Kepemimpinan Wali Kota Risma Diakui DuniaWali Kota Surabaya Tri Rismaharani saat meresmikan Rusunawa dan kolam renang Jambangan, Sabtu (12/9/2020). (Dok Humas Pemkot Surabaya)

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara mengatakan, sejak 2010 hingga 3 November 2020, Pemkot Surabaya sudah mendapatkan 30 penghargaan internasional dan 292 penghargaan nasional, sehingga total 322 penghargaan.

Beberapa penghargaan internasional yang sangat fenomenal ialah ketika Wali Kota Risma mendapatkan penghargaan sebagai wali kota terbaik dunia pada Februari 2015 dari Citymayors.com. Di bulan yang sama, Wali Kota Risma juga mendapatkan penghargaan World Mayor Commendation atau wali kota terbaik ketiga di dunia dari World Mayor Project. Kemudian pada Maret 2015, Wali Kota Risma masuk 50 tokoh besar dunia di peringkat ke-24 dari media terkemuka Amerika Serikat, Fortune.

3. Bukti kepemimpinan Wali Kota Risma diakui dunia

Raih 322 Penghargaan, Kepemimpinan Wali Kota Risma Diakui DuniaDok. Humas Pemkot Surabaya

Selain itu, Wali Kota Risma juga meraih penghargaan HIS Alumni International Awards atau alumni internasional terbaik dari Institute for Housing and Urban Development Studies (IHS) pada 18 Oktober 2016. Kemudian mendapatkan penghargaan Govinsider Innovation Awards 2017 kategori Inspirational Leader dari UNDP dan Lembaga Innovation Labs World, Singapura, pada 27 September 2017. Penghargaan yang langka juga pernah diterima Wali Kota Risma, yaitu penghargaan UN Habitat Scroll of Honour dari UN Habitat di Nairobi-Kenya pada 1 Oktober 2018. 

“Bu Wali juga mendapatkan penghargaan The 100 Most Influential People in Climate Policy kategori politics and government dari Apolitical pada Maret 2019, dan Women Empowerment Award dari Her Times pada 22 Juni 2019, serta berbagai penghargaan lainnya baik nasional maupun internasional,” urai Febriadhitya.

Atas kerja kerasnya membangun Surabaya dan berbagai penghargaan yang telah diraih Wali Korta Risma, akhirnya ia menduduki beberapa posisi penting di level Internasional, yaitu Board Member of Global Covenant of Mayors for Climate and Energy (GCoM) sejak tahun 2017, Honorary President of Belt and Road Local Cooperation Committee (BRLC) sejak tahun 2018, dan President of UCLG ASPAC sejak 2018-2020, serta Vice President of UCLG World sejak 2019-2020. 

“Ini semua menjadi bukti bahwa kepemimpinan Ibu wali kota sudah diakui dunia,” pungkas Febriadhitya. (CSC)

Baca Juga: Waspada Bencana, Pemkot Surabaya Siagakan 8 Pos Pantau

Topik:

  • Marwan Fitranansya
  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya