Tingkatkan Kewaspadaan Covid-19, Risma akan Sediakan Sabun Cuci Muka

Sekarang tidak cukup cuci tangan saja katanya

Surabaya, IDN Times - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini ingin warganya meningkatkan kewaspadaan terhadap virus corona. Tak hanya menganjurkan cuci tangan, kini ia meminta warganya agar cuci muka. Wastafel yang disediakan Pemerintah Kota Surabaya pun akan dilengkapi dengan sabun untuk cuci muka.

1. Tingkatkan jarak physical distancing

Tingkatkan Kewaspadaan Covid-19, Risma akan Sediakan Sabun Cuci MukaWali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. IDN Times/Fitria Madia

Risma mengatakan bahwa ia sudah berkonsultasi dengan para dokter mengenai virus corona yang jumlah kasusnya semakin meningkat di Kota Surabaya. Ia pun ingin meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap virus ini. Jika selama ini jarak aman dianjurkan 1 meter, kini ia minta ditambah menjadi 1,5-2 meter.

“Makanya, kita sangat perlu meningkatkan jaga jarak aman kita,” ujar Risma melalui siaran pers Humas Pemkot Surabaya, Selasa (31/3).

2. Akan sediakan sabun cuci muka

Tingkatkan Kewaspadaan Covid-19, Risma akan Sediakan Sabun Cuci MukaWarga tengah cuci muka di wastafel portable milik Pemkot Surabaya. Dok Humas Pemkot Surabaya

Ia kemudian mengingatkan warga Kota Surabaya untuk selalu menjaga kebersihan. Pemkot Surabaya pun sudah menyediakan fasilitas berupa pemasang ratusan wastafel portable di berbagai titik di Kota Surabaya. Ia lalu meminta warga hanya dianjurkan untuk mencuci tangan, namun juga mencuci wajah, rambu dan telinga.
 
“Kita harus menjaga kebersihan, sekarang tidak hanya cuci tangan, tapi saya berharap juga cuci wajah dan rambut kita usap, telinga juga kita harus usap dengan sabun dan dibilas dengan air yang mengalir, kemudian dikeringkan,” tuturnya.

Oleh karena berubahnya anjuran itu, Risma memastikan akan mengganti sabun cuci tangan yang selama ini tersedia di ratusan wastafel dengan sabun yang bisa digunakan untuk cuci muka.

3. Ingatkan warga pakai masker

Tingkatkan Kewaspadaan Covid-19, Risma akan Sediakan Sabun Cuci MukaIlustrasi penyebaran Covid-19 di Indonesia (Sumber: Dokter dan epidemiolog Dicky Budiman (IDN Times/Arief Rahmat))

Ia juga menyampaikan bahwa berdasarkan anjuran dokter, saat ini warga harus selalu menggunakan masker, kapan pun dan dimana pun berada. Sebab, dengan menggunakan masker, maka akan bisa mengurangi 95-100 persen penularan virus Covid-19.
 
“Dengan menggunakan masker, berarti kita melindungi diri kita dan melindungi teman-teman dan orang-orang yang ada di sekitar kita. Saya harap warga kota bisa mengikuti imbauan saya ini, karena ini penting untuk kepentingan kita bersama," pungkasnya.

Baca Juga: "Bu Risma" Trending, Warganet Apresiasi Upaya Risma Cegah Corona

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya