Tak Kumpulkan B1KWK untuk Eri-Armuji, PSI: Kami Gas Pol

Mereka tak mempermasalahkan hal administratif

Surabaya, IDN Times - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyatakan dukungannya kepada pasangan Bakal Calon Wali Kota Surabaya dan Bakal Calon Wakil Wali Kota Surabaya pilihan PDI Perjuangan (PDIP) Eri Cahyadi-Armuji. Namun ternyata, saat pendaftaran pasangan bakal calon di KPU Surabaya, PSI tak turut mengumpulkan form B.1-KWK sebagai wujud pengusungan mereka kepada pasangan Eri-Armuji. Pasangan Eri-Armuji tercatat di KPU Surabaya hanya diusung satu partai saja yaitu PDIP.

1. PSI tak ambil pusing tanpa kumpulkan form B.1-KWK

Tak Kumpulkan B1KWK untuk Eri-Armuji, PSI: Kami Gas PolBacawali-Bacawawali Kota Surabaya dari PDIP, Eri Cahyadi-Armuji saat mendaftarkan diri di KPU Surabaya, Jumat (4/9/2020). IDN Times/Fitria Madia

Ketua DPD PSI Surabaya Josiah Michael menilai bahwa form B.1-KWK bukan merupakan hal substansial yang perlu mereka pikirkan saat ini. Pasalnya, pasangan Eri-Armuji sudah memenuhi syarat pengusungan cukup dengan PDIP saja yang sudah memiliki 15 kursi di DPRD Kota Surabaya. Ada atau tidaknya form B.1-KWK  dari PSI dengan empat kursi, dianggap sebagai bukan masalah yang berarti.

"Karena intinya  cuma satu, pokoknya kami dukung Eri Cahyadi, titik," ujar Josiah saat dihubungi IDN Times, Senin (7/9/2020).

2. Tak masalah posisi PSI sebagai apa

Tak Kumpulkan B1KWK untuk Eri-Armuji, PSI: Kami Gas PolEri Cahyadi (kiri) dan Armuji. IDN Times/Fitria Madia

Jika tidak mengumpulkan form B.1-KWK, maka PSI dianggap sebagai bukan partai pengusung melainkan hanya pendukung. Kehadiran PSI pun dianggap absen dalam Pilkada Surabaya 2020. Namun Josiah tak ambil pusing. Saat ini yang mereka pentingkan adalah kemenangan Eri-Armuji.

"Mau dipanggil partai pengusung lah atau pendukung atau apa, kami gak masalah. Karena ini semua kami lakukan demi warga Kota Surabaya," tuturnya.

Baca Juga: Risma dan Whisnu Kompak Beri Restu Eri Cahyadi-Armuji

3. Sudah mulai konsolidasi internal partai

Tak Kumpulkan B1KWK untuk Eri-Armuji, PSI: Kami Gas PolIlustrasi Pilwali Surabaya 2020 (IDN Times/Mardya Shakti)

Sebagai keseriusan dukungan mereka, Josiah mengatakan bahwa konsolidasi internal PSI sudah dilakukan. Pihaknya membuat surat instruski dukungan yang dibagikan hingga tingkat kelurahan agar bisa memanaskan mesin partai. Josiah mengatakan bahwa dukungan PSI akan diwujudkan bukan melalui administrasi, melainkan tindakan nyata.

"Karena kami ini anak muda. Langsung bergerak gas pol. Semuanya demi warga Kota Surabaya, karena kami tahu Eri Cahyadi yang pantas meneruskan Bu Risma," pungkasnya.

4. PSI tidak kumpulkan form pengusungan

Tak Kumpulkan B1KWK untuk Eri-Armuji, PSI: Kami Gas PolIlustrasi Pilwali Surabaya 2020 (IDN Times/Mardya Shakti)

Sebelumnya, Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi mengatakan bahwa dokumen pendaftaran Eri-Armuji sudah diterima. Saat ini dokumen tersebut masih dalam proses verifikasi untuk  menilai kelengkapannya sebagai syarat administratif. Sementara dari dokumen yang dikumpulkan, partai politik yang mengulkan Eri-Armuji hanya PDIP.

"Hanya PDIP, berdasarkan B.KWK dan B.1-KWK hanya PDI Perjuangan. Saya tidak tahu statusnya PSI," sebutnya.

Baca Juga: Daftar ke KPU, Eri-Armuji Diarak Whisnu Naik Replika Banteng

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya