Surabaya Fashion Week Digelar Offline, Diikuti 60 Desainer dan UMKM

Yang mau datang, jangan lupa taat prokes!

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akhirnya menggelar pameran secara offline  pada status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)Level 1 ini. Acara luring ini adalah Surabaya Fashion Week (SFW) yang akan digelar pada 31 Oktober 2021-7 November 2021 di Main Atrium Grand City Surabaya. Dalam acara tersebut, berbagai karya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) akan dipamerkan.

1. Surabaya Fashion Week kembali digelar

Surabaya Fashion Week Digelar Offline, Diikuti 60 Desainer dan UMKMSurabaya Fashion Week 2019 (Instagram/rezahaneman)

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Surabaya, Rini Indriyani menjelaskan, SFW 2021 ini digelar sebagai percepatan pemulihan perekonomian Kota Surabaya di sektor UMKM. Dalam agenda tersebut, berbagai acara akan digelar yaitu Pameran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Fashion Show Bangga UMKM Surabaya, Fashion Show Designer Fashion Show Branded, Launching E-Peken Surabaya, hingga Awarding Pelaku UMKM.

"Surabaya saat ini sudah level 1, saatnya kita bangkit, berjuang, dan bergotong-royong bersama. Pemkot Surabaya bersama Dekranasda, juga berkolaborasi dengan OJK dalam perhelatan Surabaya Fashion Week ini untuk meningkatkan percepatan pemulihan ekonomi,” ujar istri Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi ini, Sabtu (30/10/2021).

2. Momentum kebangkitan ekonomi kreatif di Surabaya

Surabaya Fashion Week Digelar Offline, Diikuti 60 Desainer dan UMKMSurabaya Fashion Week 2019 (Instagram/saftuasikal_fashion)

Kepala Dinas Perdagangan Kota Surabaya, Wiwiek Widayati menambahkan, saat ini Kota Surabaya tengah berada dalam situasi yang pas untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi. Setelah berminggu-minggu terbelenggu PPKM, sektor perekonomian terutama ekonomi kreatif di Surabaya pun bisa bernafas lebih lega. SFW 2021 pun diharap bisa menjadi momentum kebangkitan perekonomian. Apalagi, SWF sempat absen selama setahun yaitu pada 2020.

“Keadaan sudah mulai stabil, melalui Surabaya Fashion Week, harapannya produk yang sudah terkurasi ini bisa dipasarkan untuk domestik hingga Internasional,” tutur Wiwiek.

3. SFW 2021 digelar luring

Surabaya Fashion Week Digelar Offline, Diikuti 60 Desainer dan UMKMSurabaya Fashion Week 2019 (Instagram/zaldyogawa)

Selama acara berlangsung, para pengunjung bisa mendatangi lokasi SFW 2021 secara langsung. Protokol kesehatan akan diterapkan dengan ketat. Bahkan, pengunjung harus melewati skrining aplikasi PeduliLindungi dan setidaknya sudah mendapat vaksinasi dosis pertama.

“Selain bisa digelar secara tatap muka, kami juga menyediakan fasilitas layanan online yang bisa diakses oleh masyarakat melalui media sosial, seperti Instagram Sapawarga Kota Surabaya dan Bangga Surabaya,” terang Kepala Diskominfo Kota Surabaya M Fikser.

4. Usung tema UMKM Journey

Surabaya Fashion Week Digelar Offline, Diikuti 60 Desainer dan UMKMSurabaya Fashion Week (Instagram/bank.riza)

Di tahun ini, SFW mengusung tema "UMKM Journey, UMKM Kota Surabaya dari masa ke masa". Konsep busana parade fashion show SFW 2021 pun dibebaskan dengan konsep UMKM yang terlibat. Para pelaku usaha diminta berkreasi dengan konsep Surabaya tempo dulu, saat ini, dan masa mendatang.

“Total para desainer dan UMKM yang akan mengikuti parade show ada 60 orang, 40 penampil dari UMKM  dan 20 penampil dari desainer. Kemudian kita juga akan mengadakan workshop yang bisa diikuti oleh para pelaku UMKM maupun masyarakat umum. Harapannya, SFW 2021 ini juga bisa memberikan edukasi kepada para pelaku UMKM dan masyarakat Kota Surabaya,” imbuh Founder dan Direktur Next Management.

Baca Juga: Hebat! Surabaya Jadi Kota dengan Udara Terbersih Se-Asia Tenggara

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya