Comscore Tracker

Sumiyati: Putri Itu Gak Mau Cerai, Dia Sayang Sama Maspuryanto

Pertahankan rumah tangga meski kerap alami KDRT

Surabaya, IDN Times - Sumiyati (40) hanya menerawang sambil duduk di atas tikar ruang perawatan Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD dr Soetomo. Anak semata wayangnya, Putri Narulita (19) masih terbaring lemah akibat dibakar oleh suaminya.

Ia tak menyangka rasa cinta anaknya kepada sang suami malah berakibat fatal. Putri dibakar hidup-hidup oleh suaminya setelah sempat cekcok di dalam kamar kos.

1. Maspuryanto adalah sosok penyayang di mata mertuanya

Sumiyati: Putri Itu Gak Mau Cerai, Dia Sayang Sama MaspuryantoIDN Times/Fitria Madia

Saat IDN Times mendatangi IGD RSUD dr. Soetomo, Rabu (16/10) Sumiyati sedang bercengkerama dengan tetangga kos Putri. Dia menceritakan bahwa menantunya yang bernama Maspuryanto (47) (sebelumnya ditulis sebagai Purianto), dikenal sebagai sosok yang lembut kepada Putri. Ia amat menyayangi Putri, meski umur mereka terpaut hampir 30 tahun.

"Kalau dibilang sayang, dia sayang sekali sama Putri. Penyayang orangnya, perhatian. Putri juga sayang sekali sama dia," tutur Sumiyati.

2. Saking sayangnya malah cenderung protektif dan posesif

Sumiyati: Putri Itu Gak Mau Cerai, Dia Sayang Sama MaspuryantoIDN Times/Fitria Madia

Saking penyayang dan perhatiannya, Maspuryanto tidak ingin Putri direnggut orang lain. Ia tidak membolehkan Putri memiliki gawai apa pun. Putri juga hanya boleh ke luar rumah jika ditemani olehnya.

"Kalau keluar ya gitu, Putri gak boleh noleh kanan kiri. Kalau gak sengaja Putri noleh pas kebetulan lihat laki-laki, langsung marah dia (Maspuryanto)," lanjut Sumiyati.

Baca Juga: Korban Pembakaran Hanya Bisa Mengerang dan Menggerakkan Anggota Tubuh

3. Maspuryanto kerap melakukan kekerasan terhadap Putri

Sumiyati: Putri Itu Gak Mau Cerai, Dia Sayang Sama MaspuryantoIDN Times/Fitria Madia

Namun di balik sikapnya yang penyayang itu, Maspuryanto merupakan sosok emosional. Ia kerap memarahi Putri bahkan melakukan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Selama ini, Sumiyati hanya tahu anaknya dipukul di bagian tangan. Namun pada Selasa (15/10), Maspuryanto tega membakar Putri hidup-hidup.

"Suami saya itu sampai gak percaya. 'Ah masa Mas Pury kasar kayak gitu?' Lah ini buktinya. Dia (Maspuryanto) itu, kalau kata saya, kayak punya kepribadian ganda gitu loh," celoteh Sumiyati.

4. Putri tak berniat cerai dari Maspuryanto

Sumiyati: Putri Itu Gak Mau Cerai, Dia Sayang Sama MaspuryantoIDN Times/Ardiansyah Fajar

Tak jarang Putri curhat ke ibunya tentang kehidupan rumah tangganya yang berat. Bahkan pada Minggu (13/10), Putri sempat minggat dan menginap di tempat tinggal Sumiyati. Hingga Selasa (15/10), Sumiyati mengajak Putri untuk kembali ke Tuban. Namun ajakan itu urung terjadi, lantaran anaknya kini tergolek dengan luka bakar yang cukup parah.

"Tapi Putri itu gak mau minta cerai. Dia sayang sama Maspuryanto, meski digituin. Pulang ke Tuban juga bukan mau cerai. Cuma mau kasih pelajaran saja supaya gak kasar-kasar lagi," tuturnya.

Namun kini Sumiyati belum tahu isi hati Putri. Apakah rasa sayangnya kepada Maspuryanto sebesar dulu? Yang pasti, Sumiyati akan sulit memaafkan perbuatan Maspuryanto yang sudah menyakiti anak satu-satunya itu.

"Awas saja kalau ketemu saya, ya. Awas," ancam Sumiyati.

Baca Juga: Pelaku Pembakaran Istri Diduga Lari ke Luar Jatim, Polda Ikut Memburu

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya