Sudah 80 Persen, Akhir Bulan Polisi Limpahkan Berkas MeMiles ke Kejati

Polisi tinggal meminta keterangan saksi kunci

Surabaya, IDN Times - Kasus investasi ilegal MeMiles akan segera masuk tahap berikutnya. Berkas perkara penyidikan kasus tersebut hampir rampung. Polisi memastikan, berkas tersebut secepatnya akan segera dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur.

1. Pelengkapan berkas sudah 80 persen

Sudah 80 Persen, Akhir Bulan Polisi Limpahkan Berkas MeMiles ke KejatiIlustrasi investasi. IDN Times/Mia Amalia

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan bahwa penyidik terus berusaha untuk melengkapi berkas. Saat ini, proses tersebut sudah 80 persen.

"Setelah saya mendapatkan laporan dari penyidik, sudah 80 persen. Insyaallah akhir bulan ini kasus ini kami kirim ke tahap 1 (ke Kejati Jatim)," ujarnya di Mapolda Jatim, Kamis (23/1).

2. Tinggal memeriksa beberapa saksi

Sudah 80 Persen, Akhir Bulan Polisi Limpahkan Berkas MeMiles ke KejatiKapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan saat konferensi pers perkembangan kasus investasi bodong, Jumat (10/1). (IDN Times/Fitria Madia)

Luki menuturkan, pihaknya perlu memeriksa beberapa saksi lagi untuk merampungkan penyidikan. Salah satunya adalah saksi kunci berinsial M yang baru saja ditemukan oleh Polda Jatim.

"Pemeriksaan berdasarkan keterangan dari yang sebelumnya, dan dikaitkan dengan bukti-bukti pendukung. Dokumen yang sudah disita akan kami cocokkan," jelas jenderal bintang dua tersebut.

Baca Juga: Sebut Tak Kenal MeMiles, Tata Janeeta: Saya Cuma Ikut Arisan

3. Aliran dana semakin jelas

Sudah 80 Persen, Akhir Bulan Polisi Limpahkan Berkas MeMiles ke KejatiBarang bukti investasi bodong MeMiles yang disita oleh Polda Jatim. IDN Times/Ardiansyah Fajar

Selain pemeriksaan saksi, Luki juga masih perlu memastikan aliran dana keluar dari rekening MeMiles. Ia mengatakan bahwa peta aliran dana sudah terlihat dan tinggal memerlukan waktu untuk mengungkapnya.

"Aliran dana mungkin nanti hari senin ada masuk lagi, dari hasil pemeriksaan kemarin. Ada beberapa saksi kemarin yang (sudah) kami periksa," tuturnya.

Baca Juga: Akui Jadi Member MeMiles, Anggota Keluarga Cendana Dapat Dua Alphard

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya