Segera PSBB, Risma Siapkan Rp160 M untuk Bantuan Pangan

Semoga bisa tepat sasaran

Surabaya, IDN Times - Warga Kota Surabaya yang menerima dampak sosial dan ekonomi atas pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akan mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kota Surabaya. Rencananya, bantuan ini akan mulai disalurkan pada bulan Mei 2020.

1. Siapkan dana Rp160 miliar untuk bantuan pangan

Segera PSBB, Risma Siapkan Rp160 M untuk Bantuan PanganWali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat memaparkan hasil tracing, Senin (20/4). IDN Times/Dok Humas Pemkot Surabaya

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan dana sebesar Rp160 miliar untuk penyediaan bantuan pangan bagi warga yang terdampak. Nantinya, paket bantuan berupa sembilan bahan pokok yang diserahkan langsung ke rumah-rumah warga.

"Rp160 miliar itu untuk safety net (bantuan pangan) untuk 2 bulan. Yang besar itu kami ngajukan bantuan sembako," ujar Risma di Balai Kota Surabaya, Senin (20/4).

2. Didistribusikan pada 229 ribu keluarga

Segera PSBB, Risma Siapkan Rp160 M untuk Bantuan PanganIlustrasi PSBB. IDN Times/Mia Amalia

Dana sebesar Rp160 miliar tersebut akan didistribusikan kepada 229 ribu keluarga. Hitungan yang dipakai oleh Risma adalah kepala keluarga, sama seperti menghitung Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Namun tak hanya MBR, nantinya orang-orang yang di-PHK juga akan turut mendapat bantuan.

"Iya. Makanya kita lagi didata. Lagi merumuskan supaya tidak ada masalah," tuturnya.

Rencananya, sembako ini akan mulai didistribusikan pada awal bulan Mei 2020. Hingga saat ini, Risma dan timnya masih belum menyelesaikan perhitungan serta data siapa saja yang berhak menerima bantuan tersebut.

"Maunya saya bagi bulan depan supaya data ini clear suapaya gak ada maslaah administrasi," ungkapnya.

Sebagai informasi, Surat Pengajuan PSBB Kota Surabaya telah dikirmkan ke Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto pada Senin (20/4). Setelah disetujui, maka PSBB dapat diberlakukan beberapa hari kemudian.

Baca Juga: Sidoarjo Siap Terapkan PSBB Surabaya Raya

3. Total anggarkan dana Rp196 miliar

Segera PSBB, Risma Siapkan Rp160 M untuk Bantuan PanganWali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat memaparkan hasil tracing, Senin (20/4). IDN Times/Dok Humas Pemkot Surabaya

Selain untuk bantuan pangan, Pemkot Surabaya juga menganggarkan dana sebesar Rp36 miliar untuk kebutuhan kuratif COVID-19. Sehingga total dana yang dianggarkan adalah Rp196 miliar untuk penanganan COVID-19. Namun Risma percaya bisa menghemat dana sehingga Rp36 miliar tersebut masih tersisa.

"Itu saja mungkin bisa kurang. Kemarin karena ternyata banyak APD bantuan, kita gak akan beli lagi kecuali yang kita buat dari UMKM," pungkasnya.

Baca Juga: Hari Ini Khofifah Ajukan PSBB Surabaya Raya ke Menkes

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya