Risma Sarankan Sosok Cawali Visioner untuk Megawati, Siapa?

Tapi keputusan tetap di tangan Mega

Surabaya, IDN Times - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyampaikan bahwa ia sebenarnya sudah memberikan rekomendasi nama bakal calon wali kota kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Namun, Risma hanya sedikit membocorkan kepada wartawan bahwa kriteria yang diusulkannya sama seperti keinginan Megawati.

"Yang ibu (Megawati) inginkan itu gitu, yang berpikiran visioner," sebutnya.

1. Menurut Risma, Mega adalah sosok yang visioner

Risma Sarankan Sosok Cawali Visioner untuk Megawati, Siapa?Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri memberikan pidato saat pengumuman nama cakada gelombang IV (Dok. PDI Perjuangan)

Risma mengatakan bahwa Megawati adalah sosok yang visioner. Salah satu contoh kebijakan Megawati yang dianggap Risma visioner adalah e-procurement dan e-budgeting. Menurut Risma, dua kebijakan tersebut berdampak panjang pada efisiensi anggaran belanja daerah sehingga bisa dimanfaatkan untuk pengembangan lainnya.

"Surabaya kenapa bisa bangun kayak gitu dengan uang segini? Karena e-budgeting sangat efisien. Saat Bu Mega jadi presiden ada keputusan mendagri tentang e-budgeting, anggaran berbasis kinerja," ujar Risma di kediamannya, Jumat (28/8/2020).

2. Mega sempat curhat ke Risma soal kelangkaan pangan

Risma Sarankan Sosok Cawali Visioner untuk Megawati, Siapa?Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat memberikan keterangan di rumah dinasnya, Jumat (28/8/2020). IDN Times/ Fitria Madia

Selain itu, di tengah pandemik ini Mega sempat bercerita kepada Risma terkait kekhawatirannya akan kelangkaan pangan. Menurut Risma. pemikiran tersebut amat visioner lantaran berbeda dengan yang lainnya. Risma pun menurut dengan ucapan Mega dan mulai menanam umbi-umbian.

"Oke empat bulan bisa makan, tapi jangan sampai setelah itu off nunggu panen berikutnya. Makanya saya minta tanam ketela pohon, ketela rambat, dan lain-lain," tuturnya.

Baca Juga: PDIP Belum Punya Gaco di Pilkada Surabaya, Hasto: Ada Gejala Tak Sehat

3. Risma yakin pilihannya cocok dengan keinginan Mega

Risma Sarankan Sosok Cawali Visioner untuk Megawati, Siapa?Ilustrasi Pilwali Surabaya 2020 (IDN Times/Mardya Shakti)

Risma pun sudah memberikan nama yang sesuai dengan kriteria Mega. Meski masih merahasiakan namanya, ia yakin sosok tersebut cocok bagi Mega. Namun, ia tetap menyerahkan keputusan sepenuhnya kepada Mega.

"Beliau pengin kepala daerah seperti itu. Ya nanti kita lihat lah. Ibu pasti tahu lah," pungkasnya.

Baca Juga: Rekom PDIP Tak Kunjung Turun, Risma: Dulu Pak Hasto yang Antar ke Saya

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya