Comscore Tracker

Risma Bentuk Tim Baru Gantikan Gugus Tugas Penanganan COVID-19

Nanti akan terdiri dari berbagai bidang

Surabaya, IDN Times - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini akan menyiapkan tim baru untuk penanganan COVID-19 di Kota Surabaya. Hal ini berkaitan dengan adanya Peraturan Presiden (Perpres) RI Nomor 82 Tahun 2020 tentang Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional yang membubarkan peran Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di tingkat nasional maupun daerah.

1. Tim baru di Kota Surabaya tengah dibentuk

Risma Bentuk Tim Baru Gantikan Gugus Tugas Penanganan COVID-19Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat sidak di Pasar Keputran, Selasa (14/7/2020). Dok Humas Pemkot Surabaya

Risma mengatakan, ia telah menginstruksikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Surabaya Hendro Gunawan untuk membentuk tim baru yang nantinya bertugas menangani COVID-19 dan pemulihan ekonomi di Kota Pahlawan. Tim tersebut merupakan gabungan dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Surabaya.
 
“Pak Sekda sudah tak minta bentuk, kita tetap bentuk (tim) karena tidak mungkin kalau Dinas Kesehatan (bekerja) sendiri itu tidak mungkin. Jadi kita tetap bentuk tim, tapi belum tahu apa namanya nanti,” ujar Risma, Rabu (22/7/2020).

Baca Juga: Gugus Tugas COVID-19 Dibubarkan Jokowi, Apa Nih Jawaban dari Istana?

2. Terdiri dari berbagai bidang

Risma Bentuk Tim Baru Gantikan Gugus Tugas Penanganan COVID-19Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat mengunjungi anak-anak korban pencabulan, Sabtu (11/7/2020). Dok Humas Polres Tanjung Perak

Risma menjelaskan tim ini nantinya akan bekerja sama untuk merumuskan kebijakan dengan sudut pandang masing-masing bidang. Sehingga nantinya tiap peraturan yang dijelaskan dalam dikoordinasikan dengan baik. Namun hingga saat ini format tim dan isinya masih dalam tahap pembahasan.

“Supaya koordinasinya tetap, tetap sama. Jadi nanti misalnya memutuskan sesuatu, misalkan protokol di mal itu ya, tetap ada tim inti dari Bakesbang, Satpol PP, Dinas Kesehatan dan Dinas Perdagangan. Jadi gak sendiri, maksudnya kalau dilihat dari sisi perdagangan, dia mungkin atur transaksi saja. Tapi kalau dengan tim, maka diatur misalkan caranya antre kalau di dalam penuh, antrenya gimana di luar begitu,” jelasnya.

3. Melibatkan TNI dan Polri

Risma Bentuk Tim Baru Gantikan Gugus Tugas Penanganan COVID-19Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat sidak di Pasar Keputran, Selasa (14/7/2020). Dok Humas Pemkot Surabaya

Dalam pembentukan tim ini, Risma akan menggandeng jajaran TNI dan Polri. Hal ini berkaca pada pengalaman sebelumnya bahwa keterlibatan TNI dan Polri dalam upaya percepatan penanganan COVID-19 di Kota Surabaya berperan penting.
 
“Kita selama ini tetap libatkan (TNI dan Polri), sistem baru kita libatkan itu. Karena sebelumnya pun kita sudah begitu, sebelumnya tetap kita juga lakukan seperti itu,” tuturnya.

Baca Juga: Gugus Tugas COVID-19 Bubar, Khofifah Sesuaikan dengan Komite Nasional

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya