Puluhan Orang Positif COVID-19, Pasar Keputran Ditutup Sepekan

Akan disterilisasi selama ditutup

Surabaya, IDN Times - Setelah ditemukannya puluhan orang positif COVID-19, Pasar Keputran Utara pun akan ditutup selama sepekan. Padahal sebelumnya, Pemkot Surabaya sempat mengatakan tidak akan menutup pasar meski ada temuan kasus COVID-19. Selama masa libur ini, sterilisasi dan bersih-bersih pun akan dilakukan oleh para pedagang di dalam pasar. 

1. Ada 37 orang pedagang dan pembeli yang positif

Puluhan Orang Positif COVID-19, Pasar Keputran Ditutup SepekanWakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Irvan Widyanto

Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Surabaya, Irvan Widyanto menjelaskan, pihaknya sudah melakukan rapid test massal dan tes swab. Hasilnya, 37 orang positif COVID-19. Pasar Keputran pun akan tutup selama sepekan yaitu sejak tanggal 21 hingga 27 Juli 2020.

“Dari dasar itu kami sebagai Gugus Tugas merekomendasikan agar Pasar Keputran diliburkan selama tujuh hari, mulai besok tanggal 21 sampai 27 Juli 2020,” ujarnya, Senin (20/7/2020).

2. Akan disterilisasi selama ditutup

Puluhan Orang Positif COVID-19, Pasar Keputran Ditutup SepekanTes swab massal di Pasar Keputran, Rabu (15/7/2020). Dok Humas Pemkot Surabaya

Selama diliburkan, Pasar Keputran akan disterilisasi dengan penyemprotan disinfektan. Selain itu Satpol PP Surabaya akan menyosialisasikan kepada para pedagang agar membentuk Gugus Tugas COVID-19 di Pasar Keputran. Ini dilakukan semata-mata untuk melindungi keselamatan dan kesehatan masyarakat, khususnya para pedagang dan pembeli di pasar itu.
 
“Selama libur itu kita juga minta kepada para pedagang untuk kerja bakti bersih-bersih di standnya masing-masing. Kita juga kumpulkan tokoh masyarakat di situ agar membentuk Gugus Tugas di Pasar Keputran,” tuturnya.

3. Akan dites swab ulang saat pasar hendak dibuka

Puluhan Orang Positif COVID-19, Pasar Keputran Ditutup SepekanRapid test massal di Pasar Keputran, Rabu (15/7/2020). Dok Humas Pemkot Surabaya

Bagi pedagang di Pasar Keputran yang merupakan warga Surabaya dan terkonfirmasi positif COVID-19, Irvan menyebutkan bahwa mereka tengah diisolasi di Hotel Asrama Haji, Sukolilo. Sedangkan bagi warga luar Surabaya diisolasi di Rumah Sakit Darurat Indrapura.

“Nanti test swab akan kita ulangi lagi sebelum Pasar Keputran dibuka kembali. Terutama kepada para pedagang yang ada di sana,” imbuhnya.

4. Sterilisasi hingga tengah malam

Puluhan Orang Positif COVID-19, Pasar Keputran Ditutup SepekanKepala Satpol PP Kota Surabaya, Eddy Christijanto Kota Surabaya Eddy Christijanto. IDN Times/Fitria Madia

Kepala Satpol PP Kota Surabaya, Eddy Christijanto menjelaskan, sterilisasi Pasar Keputran akan dilakukan Selasa 21 Juli 2020 mulai pukul 14.00 WIB hingga 27 Juli 2020 pukul 00.00 WIB. Selama kegiatan sterilisasi berlangsung, Pemkot Surabaya bersama PD Pasar Surya akan melakukan penyemprotan disinfektan.

“Day per day kita lakukan sterilisasi dan juga pembersihan, baik itu sarana prasarana maupun stand-stand yang kelihatan kotor dan bisa menimbulkan terjadinya penular virus,” ungkapnya.

Baca Juga: Sidak ke Pasar Keputran, Risma Pilih Acak Orang yang Di-Rapid Test

5. Proses perdagangan diharapkan tetap berjalan

Puluhan Orang Positif COVID-19, Pasar Keputran Ditutup SepekanRapid test massal di Pasar Keputran, Rabu (15/7/2020). Dok Humas Pemkot Surabaya

Sementara itu, Direktur Teknik dan Usaha, PD Pasar Surya Surabaya, Muhibuddin menambahkan, Pasar Keputran merupakan salah satu pasar induk yang cukup besar di Kota Surabaya dengan jumlah stand sekitar 1200 an. Selama diliburkan nanti, ia mengimbau kepada masyarakat khususnya pedagang eceran yang biasa membeli di Pasar Keputran agar membeli di pasar lain atau menggunakan metode lain yang disesuaikan dengan para tengkulak.
 
“Kalau kemarin pembeli yang jemput bola, kalau sekarang selama penjual atau pedagang yang antar,” tutupnya.

Baca Juga: 37 Pedagang dan Pembeli Pasar Keputran Positif COVID-19

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya