Prakiraan Hujan Bergilir di Jatim, Probolinggo dari Pagi sampai Sore

Potensi banjir di level waspada

Surabaya, IDN Times - Berbagai daerah di Jawa Timur diprakirakan masih akan diguyur hujan, Senin (22/10/2021). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kelas 1 Juanda memperingatkan adanya potensi banjir pada level waspada di kota-kota dengan intensitas hujan tinggi.

1. Jatim diperkirakan hujan hingga dini hari

Prakiraan Hujan Bergilir di Jatim, Probolinggo dari Pagi sampai SoreIlustrasi hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Kasi Data dan Informasi BMKG Kelas 1 Juanda Teguh Tri Susanto menyebutkan, cuaca Jatim di pagi hari diprediksi cerah, berawan, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir. Kondisi ini diperkirakan bertahan hingga sore hari.

"Sementara malam dan dini hari diprakirakan cerah, berawan, berkabut, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir," ungkapnya, Senin (22/11/2021).

Baca Juga: Waspada! Hujan Merata di Jatim Hari Ini

2. Potensi banjir di level waspada

Prakiraan Hujan Bergilir di Jatim, Probolinggo dari Pagi sampai SoreIlustrasi Suasana Hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Lebih lanjut, Teguh memaparkan bahwa suhu udara berada dikisaran 14-33 derajat celcius. Sedangkan kelembapan udara ada di angka 60-100 persen. Untuk angin, diperkirakan dominan dari barat daya ke barat dengan kecepatan 05-30 kilometer perjam.

"Potensi banjir ada di level waspada," tuturnya.

3. Hujan diperkirakan bergilir

Prakiraan Hujan Bergilir di Jatim, Probolinggo dari Pagi sampai SoreIlustrasi hujan (IDN Times/Besse Fadhilah)

Teguh merinci, potensi hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat terjadi di Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Bangkalan, Pamekasan, Sampang, dan Sumenep pada pagi hari. Sedangkan siang hingga sore hari di Surabaya, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Gresik, Lamongan, Bojonegoro, Jombang, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten Blitar, Kabupaten Kediri, Kabupaten Malang, Kota Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi.

"Malam hari di wilayah Jember dan Banyuwangi. Dini hari di wilayah Tuban, Pacitan, dan Tulungagung," tutupnya.

Baca Juga: Hampir Semua Daerah di Jatim Diguyur Hujan, BMKG Rilis Peringatan Dini

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya