Prabowo-Sandi Minta 200 ribu A5 dan 130 ribu Daftar Hadir TPS di Jatim

KPU Jatim meneruskannya dalam DC2

Surabaya, IDN Times - Hingga saat ini, Jumat (10/5) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur telah mengantongi 2 form DC2 atau form keberatan di tingkat provinsi yang akan diteruskan ke KPU RI. Form pertama berasal tim pasangan calon Presiden-Wakil Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Sedangkan form kedua dari Partai Gerindra.

1. Keberatan dibagi menjadi 2 jenis

Prabowo-Sandi Minta 200 ribu A5 dan 130 ribu Daftar Hadir TPS di Jatim

Ketua KPU Jatim, Choirul Anam menjelaskan bahwa selama tahapan rekapitulasi penghitungan suara di Jatim memang banyak protes-protes yang disampaikan baik itu oleh saksi Paslon, saksi Parpol, mau pun dari Bawaslu. Keberatan-keberatan ini kemudian dibagi menjadi dua yaitu yang dapat diselesaikan saat itu juga dan keberatan yang penyelesaiannya membutuhkan waktu.

"Sementara yang tidak bisa kita tindak lanjut itu, kemudian kita lakukan proses DC2 pengisian form keberatan di provinsi atau menyampaikan laporan ke Bawaslu Provinsi. Nanti bawaslu provinsi apapun keputusannya akan kita lakukan," ujarnya saat ditemui di lokasi rekapitulasi, Hotel Singgasana, Jumat (10/5).

2. Prabowo-Sandi minta 200 ribu A5 dan seluruh C7

Prabowo-Sandi Minta 200 ribu A5 dan 130 ribu Daftar Hadir TPS di JatimIDN Times/Irfan fathurohman

 

Choirul menjelaskan bahwa pihaknya telah mendapatkan dua form DC2. Yang pertama adalah dari tim Paslon nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga. Mereka menginginkan sejumlah berkas dari KPU Jatim. Selain itu juga ada DC2 dari Partai Gerindra.

"Mereka meminta dokumen 200 ribuan dokumen A5 kepada kita juga meminta C7, C7 daftar itu hadir di TPS 130.010 TPS. Tentu ini tidak mungkin langsung kita tindak lanjut. Karena A5 C7 ini di dalam kotak. Kemudian DC2 dari Partai Gerindra terkait DPR RI. Nanti akan kita bahas kita sampaikan ke KPU RI," jelasnya.

3. Ada pula keberatan yang langsung ditindaklanjuti

Prabowo-Sandi Minta 200 ribu A5 dan 130 ribu Daftar Hadir TPS di Jatim

 

Sementara itu, keberatan-keberatan yang dapat diselesaikan telah rampung. Salah satu contoh adalah keberatan yang dilayangkan oleh Partai Demokrat hingga membuat jalannya rekapitulasi macet tadi malam, Kamis (9/5).

"Yang sudah kita tindak lanjut yang sudah ada laporan di awal ada yang masuk keberatan di tingkat kabupaten/kota maupun laporan di Bawaslu abupaten/kota," imbuhnya.

4. Masih ada 2 kabupaten lagi

Prabowo-Sandi Minta 200 ribu A5 dan 130 ribu Daftar Hadir TPS di Jatim

 

Sementara itu, proses rekapitulasi masih berlanjut hingga saat ini. Padahal target penyelesaian rekapitulasi oleh KPU Jatim adalah Kamis (9/5). Saat ini masih tersisa dua kabupaten yang sedang dalam proses rekapitulasi yaitu Kabupaten Sampang dan Kabupaten Bangkalan.

"Kita berharap paling gak malam ini untuk Bangkalan dan Sampang bisa terselesaikan sehingga proses rekap di KPU Provinsi bisa clear dan kita segera ke Jakarta untuk melakukan rekap tingkat nasional," pungkasnya.

Baca Juga: Sempat Diwarnai Gebrakan Meja, Rekapitulasi KPU Jatim Molor

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya