Peringatan Gelombang Tinggi di Perairan Selatan Jatim

Cuaca di perairan Jatim didominasi hujan

Surabaya, IDN Times - Gelombang tinggi lagi-lagi diprakirakan terjadi di sekitar perairan Jawa Timur pada Rabu (24/11/2021). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Klas I Juanda 

1. Cuaca perairan Jatim diprakirakan akan hujan

Peringatan Gelombang Tinggi di Perairan Selatan JatimIlustrasi Hujan. IDN Times/Sukma Shakti

Kasi Data dan Informasi BMKG Klas I Juanda, Teguh Tri Susanto menjelaskan bahwa cuaca di seluruh perairan Jatim diprakirakan akan hujan ringan hingga sedang. Ramalan ini berlaku selama 24 jam mulai 24 November 2021 pukul 07:00 WIB.

"Arah angin didominasi dari barat daya ke barat laut dengan kecepatan maksimum di Laut Jawa bagian timur sebesar 17 knots dan Samudra Hindia Selatan Jatim sebesar 15 knots," ujar Teguh, Selasa (23/11/2021).

Baca Juga: Awas! Gelombang Tinggi Selatan Jatim Sampai 2,5 Meter

2. Peringatan dini gelombang tinggi di perairan selatan Jatim dan di Samudra Hindia Selatan Jatim

Peringatan Gelombang Tinggi di Perairan Selatan JatimIlustrasi gelombang tinggi (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Dengan kondisi cuaca ini, Teguh mengatakan bahwa ada peringatan mengenai gelombang tinggi di perairan selatan Jatim dan Samudra Hindia selatan Jatim. Gelombang perairan di dua wilayah ini diperkirakan antara 1,3 sampai 1,8 meter.

"Sementara ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0,1 sampai 0,3 meter, di Laut Jawa bagian timur antara 0,5 sampai 2,0 meter," imbuh Teguh.

3. Cuaca pelabuhan di Jatim hujan ringan hingga sedang

Peringatan Gelombang Tinggi di Perairan Selatan JatimIlustrasi hujan (IDN Times/Besse Fadhilah)

Selain itu, Teguh menambahkan bahwa cuaca di pelabuhan Jatim akan hujan. Hujan ringan diprakirakan terjadi di Pelabuhan Gresik, Pelabuhan Sangkapura, Pelabuhan Perikanan PP Mayangan, dan Pelabuhan Perikanan PPP Tamperan. Sementara hujan sedang diperkirakan di Pelabuhan Tanjung Perak, Pelabuhan Kalianget, dan Pelabuhan Jangkar.

"Gelombang di pelabuhan dikategorikan tenang kecuali di Pelabuhan Perikanan PPP Tamperan yang diperkirakan akan dikategorikan sedang," tutup Teguh.

Baca Juga: Potensi Banjir Level Siaga di Jatim, Sumenep Diprediksi Hujan Seharian

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya