Potensi Banjir Level Siaga di Jatim, Sumenep Diprediksi Hujan Seharian

Wilayah lain di Madura juga hujan seharian

Surabaya, IDN Times - Hujan dengan intensitas tinggi diprakirakan masih akan terjadi di berbagai daerah di Jawa Timur, Selasa (23/11/2021). Bahkan, Kabupaten Sumenep diperkirakan akan mengalami hujan lebat sejak pagi hingga dini hari nanti.

1. Jatim masih diprakirakan diguyur hujan

Potensi Banjir Level Siaga di Jatim, Sumenep Diprediksi Hujan SeharianIlustrasi Hujan. IDN Times/Sukma Shakti

Kasi Data dan Informasi BMKG Kelas 1 Juanda Teguh Tri Susanto menyebutkan, cuaca di Jatim diprakirakan cerah, berawan, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir. Kondisi ini akan bertahan sejak pagi hingga malam hari.

"Untuk malam hari, cuacanya cerah, berawan, berkabut, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir," ujarnya, Selasa (23/11/2021).

Baca Juga: Mayoritas Wilayah Jatim Diguyur Hujan Angin dan Petir Hari Ini

2. Potensi banjir level siaga

Potensi Banjir Level Siaga di Jatim, Sumenep Diprediksi Hujan SeharianIlustrasi banjir (IDN Times/Mardya Shakti)

Dengan kondisi cuaca tersebut, Teguh menyebutkan bahwa suhu udara diperkirakan berada antara 14 sampai 33 derajat celcius. Sementara kelembapan udara sekitar 65 sampai 100 persen. Sedangkan angin didominasi dari barat ke barat laut dengan kecepatan 05-40 kilometer perjam.

"Untuk potensi banjr berada di level siaga," tuturnya.

3. Sumenep hujan dari pagi hingga dini hari

Potensi Banjir Level Siaga di Jatim, Sumenep Diprediksi Hujan SeharianIlustrasi hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Hujan lebat disertai petir dan angin kencang diprakirakan terjadi pada pagi hari di wilayah Tuban, Bojonegoro, Nganjuk, Kab. Madiun, Ngawi, Magetan, Lumajang, Jember, Bangkalan, Pamekasan, Sampang dan Sumenep. Sementara siang hingga sore hari di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kab. Mojokerto, Gresik, Lamongan, Tuban, Jombang, Nganjuk, Kota Madiun, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kab. Blitar, Kota Blitar, Kab. Kediri, Kota Kediri, Kab. Malang, Kota Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kota Pasuruan, Kab. Probolinggo, Kota Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan, Sampang dan Sumenep.

"Malam hari tetap di Sumenep sampai dini hari ditambah wilayah Pulau Bawean dan Banyuwangi," pungkas Teguh.

Baca Juga: Prakiraan Hujan Bergilir di Jatim, Probolinggo dari Pagi sampai Sore

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya