Comscore Tracker

Musda Demokrat Jatim Mundur, Emil Tetap Jadi Calon Terkuat

Katanya sih ditunda karena banyak bencana

Surabaya, IDN Times - Partai Demokrat saat ini menjadi perbincangan hangat lantaran adanya isu kudeta. Di tengah polemik tersebut, jadwal Musyawarah Daerah (Musda) DPD Partai Demokrat Jawa Timur tahun 2021 mundur beberapa bulan di banding periode sebelumnya.

1. Periode lalu Musda digelar pada Mei 2016

Musda Demokrat Jatim Mundur, Emil Tetap Jadi Calon TerkuatIDN Times/istimewa

Di tahun 2016 silam, Musda DPD Partai Demokrat Jatim dilaksanakan pada Bulan Mei. Namun kali ini, jadwal Musda tidak disampaikan dengan jelas. Alasannya, saat ini DPP Partai Demokrat masih sibuk mengurus berbagai macam hal.

"Belum ada pembicaraan di DPP terkait pelaksanaan Musda Partai Demokrat Jatim," ujar Bendahara Umum Partai Demokrat, Renville Antonio, Sabtu (13/2/2021).

2. Diperkirakan digelar September

Musda Demokrat Jatim Mundur, Emil Tetap Jadi Calon TerkuatANTARA FOTO/Aswaddy Hamid

Renville beralasan bahwa saat ini masih banyak bencana di Indonesia. Partai Demokrat pun sibuk untuk menyalurkan bantuan ke berbagai daerah. Oleh karena itu, rencana terkait Musda masih menjadi fokus kesekian bagi para pengurus DPP Partai Demokrat.

"Setelah itu kita akan memasuki bulan puasa dan disusul lebaran. Ya kemungkinan akhir tahun. Sukur-sukur bisa digelar saat ulang tahun Partai (September)," tuturnya.

Baca Juga: Soal Isu Kudeta Demokrat, Pengamat Politik Jatim: Langkah AHY Tepat

3. Emil masih jadi calon terkuat

Musda Demokrat Jatim Mundur, Emil Tetap Jadi Calon TerkuatWakil Gubernur Jatim Emil Dardak. IDN Times/Margith Juita Damanik

Sementara itu, hingga saat ini Renville masih belum mengetahui lebih lanjut mengenai bursa calon Ketua DPD Partai Demokrat Jatim. Yang pasti, satu nama masih menjadi calon terkuat yaitu Emil Elestianto Dardak yang saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur Jatim.

"Semua tergantung DPC. Tapi berdasarkan laporan Mas Bayu (Sekretaris DPD) dan Mbak Anti (Bendahara DPD) mereka kelihatannya sudah bulat akan mendukung Mas Emil Dardak yang saat ini Plt Ketua (DPD Demokrat) Jatim, untuk di tetapkan secara aklamsi sebagai ketua DPD Partai Demokrat Jatim," ungkapnya.

Baca Juga: Upaya Kudeta Partai Demokrat Mulai Terjadi pada Januari 2021

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya