Molor Sejak Februari, Underpass Mayjend Sungkono Diresmikan Bulan Ini

Salah satu kado buat HUT Surabaya

Surabaya, IDN Times - Setelah molor berbulan-bulan, Pemerintah Kota Surabaya kembali memberikan target selesainya proyek underpass Jalan Mayjend Sungkono. Target ini diharapkan menjadi yang terakhir karena akan dibarengkan dengan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) pada 31 Mei 2019.

1. Akan diresmikan 31 Mei 2019

Molor Sejak Februari, Underpass Mayjend Sungkono Diresmikan Bulan IniIDN Times/Fitria Madia

 

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan bahwa underpass Mayjend Sungkono akan menjadi salah satu kado bagi Kota surabaya pada HJKS 2019. Oleh karena itu peresmiaannya akan dilakukan setelah upacara HJKS Jumat (31/5).

"Insyaallah nanti baik kabarnya. Ini sudah dicor insyaallah 5 hari lagi sudah kering. Peresmiannya nanti tanggal 31," ujar Risma saat melakukan inspeksi mendadak, Kamis (16/5).

2. Pengerjaan telah memasuki tahap final

Molor Sejak Februari, Underpass Mayjend Sungkono Diresmikan Bulan IniIDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Sementara itu Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya, Eri Cahyadi menjelaskan bahwa saat ini pengerjaan proyek telah memasuki tahap final. Proses pengecoran terhadap jalan underpass sudah diselesaikan.

"Posisinya tinggal ngecor. Sekarang teman2 PU bina marga koordinasi dengan PLN untuk memindah tiang yang di HR Muhammad dan beberapa pohon," tuturnya.

3. Sedang dibangun taman di masing-masing pintu masuk

Molor Sejak Februari, Underpass Mayjend Sungkono Diresmikan Bulan IniIDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Namun setelah finalisasi jalan, ada beberapa hal yang masih harus dirampungkan yaitu pembuatan taman di masing-masing pintu masuk yaitu dari arah Jalan Mayjend Sungkono dan Jalan HR Muhammad. Tak hanya taman, nantinya juga akan ada bozem serta rumah pompa untuk mencegah genangan air tinggi yang sudah menjadi langganan di kawasan tersebut.

"Di lokasi sana ada Si Komo (eskavator) kan. Si Komo itu dari DKRTH untuk bangun taman. Jadi masuk dari Mayjend Sungkono dan HR Muhammad dua-duanya ada taman," jelasnya.

4. Terkendala faktor cuaca

Molor Sejak Februari, Underpass Mayjend Sungkono Diresmikan Bulan IniIDN Times/Fitria Madia

Eri menjelaskan bahwa selama ini memang terdapat beberapa kendala sehingga proyek tersebut yang sempat direncankan rampung sejak bulan Februari terus molor. Kendala yang dialami kebanyakan merupakan faktor cuaca di mana proyek tak dapat dijalankan ketika hujan deras.

"Ini Senin (20/5) sepertinya sudah selesai semua. Tapi yang pasti tadi seperti Bu Wali sampaikan inginnya (peresmian) tanggal 31 Mei setelah upacara," pungkas Eri.

Baca Juga: Underpass Karanglo Siap Diuji Coba, Jasa Marga Tunggu Instruksi Pusat

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya