Molor Lagi, Pengerjaan Alun-alun Surabaya Temui Kendala

Mulai utilitas tak dikenali sampai pipa bocor

Surabaya, IDN Times - Pemindahan jaringan utilitas yang terletak di Jalan Yos Sudarso rupanya belum juga rampung hingga memasuki minggu kedua Bulan Agustus. Padahal, tahap awal pengerjaan Alun-alun Surabaya ini sebenarnya ditarget rampung pada Bulan Juli.

1. Pemindahan utilitas masih berlangsung

Molor Lagi, Pengerjaan Alun-alun Surabaya Temui KendalaDok.IDN Times/Istimewa

Kabid Pembangunan dan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP-CKTR) Surabaya, Iman Krestian menjelaskan bahwa saat ini proses pemindahan utilitas yang terletak di Jalan Yos Sudarso masih berjalan. Kini telah memasuki tahap pembuatan tempat utilitas di pedesterian Yos Sudarso.

"Nanti utilitasnya itu diletakkan di tempatnya itu, di pedesterian. Untuk pemindahannya sebagian besar sudah selesai," ujarnya ketika dihubungi IDN Times, Jumat (9/8).

2. Menemui banyak kendala saat pengerjaan

Molor Lagi, Pengerjaan Alun-alun Surabaya Temui KendalaDok.IDN Times/Istimewa

Iman mengaku bahwa pelaksanaan pemindahan utilitas ini molor dari jadwal. Pasalnya pemindahan utilitas membutuhkan koordinasi dengan banyak pihak seperti PLN, PGN, PDAM, dan penyedia layanan jaringan seluler. Beberapa kendala pun sempat ditemui oleh pihaknya.

"Barusan kemarin ada pipa PDAM bocor. Karena utilitas itu tidak terdeteksi. Jadi kita menunggu itu untuk dibenarkan dulu baru bisa dilanjutkan," imbuhnya.

Selain itu, pihaknya juga sempat menemukan utilitas tak berempu berupa fiber optic. Pihaknya pun sudah memberikan pengumuman untuk mencari pemilik utilitas tersebut namun tidak ada yang mengaku. Ia khawatir ketika dipotong akan mengganggu jaringan lainnya.

"Sudah kami potong akhirnya. Hingga saat ini belum ada laporan komplain," tuturnya.

3. Bisa dikerjakan paralel dengan penggalian Jalan Yos Sudarso

Molor Lagi, Pengerjaan Alun-alun Surabaya Temui KendalaDok.IDN Times/Istimewa

Jika proses pemindahan utilitas ini belum rampung juga hingga target penutupan Jalan Yos Sudarso untuk mulai menggali bagian bawah jalan, Iman menjamin hal tersebut tidak akan menjadi gangguan. Penggalian Jalan Yos Sudarso tetap bisa dilakukan meski pemindahan utilitas belum rampung.

"Itu hanya 10 dari 100 persennya. Tidak mengganggu. Kita bisa kerjakan secara paralel," ujarnya yakin.

Baca Juga: Mundur dari Jadwal, Pengerjaan Alun-alun Surabaya Akhirnya Dimulai

4. Penutupan Jalan Yos Sudarso setelah 17 Agustus

Molor Lagi, Pengerjaan Alun-alun Surabaya Temui KendalaDok.IDN Times/Istimewa

Sementara itu, Jalan Yos Sudarso akan mulai ditutup ketika pengerjaan Jalan Simpang Dukuh selesai. Namun Iman mengatakan bahwa pengerjaan ini akan sedikit molor dari jadwal. Pasalnya, Pemkot Surabaya diminta menutup jalan Yos Sudarso seusai peringatan 17 Agustus.

"Awalnya kan 15 Agustus. Tapi kita diminta setelah 17-an. Karena kan rame tuh di Grahadi jadi takut macet. Meski Simpang Dukuh selesai sebelumnya, kita tetap tutup Jalan Yos Sudarso setelah 17 Agustus," pungkas Iman.

Baca Juga: Proyek Alun-alun Surabaya Masuk Tahap Pemindahan Utilitas

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya