Mundur dari Jadwal, Pengerjaan Alun-alun Surabaya Akhirnya Dimulai

Utilitas bawah tanah mulai dipindah

Surabaya, IDN Times - Setelah sempat mundur dari jadwal, Pemerintah Kota Surabaya kembali melanjutkan pengerjaan proyek Alun-Alun Surabaya. Kini Pemkot Surabaya sudah meneruskan pengerjaan proyek tersebut dalam tahap pemindahan utilitas di bawah tanah yang terletak di Jalan Yos Sudarso.

1. Pemindahan utilitas akhirnya dimulai

Mundur dari Jadwal, Pengerjaan Alun-alun Surabaya Akhirnya DimulaiHumas Pemkot Surabaya

Kepala Seksi Perencanaan Bidang Bangunan dan Gedung, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP-CKTR) Surabaya, Harindrayana menjelaskan bahwa pihaknya telah mulai melaksanakan pemindahan utilitas sejak Kamis (18/7).

“Karena di bawah Jalan Yos Sudarso ada beberapa jaringan utilitas, maka dari itu kita sebelumnya lakukan koordinasi bersama pihak yang memiliki jaringan di bawah jalan itu,” ujar Harin, Kamis (18/7).

2. Terdapat beberapa utilitas bawah tanah

Mundur dari Jadwal, Pengerjaan Alun-alun Surabaya Akhirnya DimulaiHumas Pemkot Surabaya

 

Harin menjelaskan bahwa dari hasil tinjauan bersama, pada jalur pedestrian sisi Timur Jalan Yos Sudarso ditemukan beberapa jaringan utilitas yaitu jaringan PLN, Kominfo, dan beberapa provider penyedia layanan jaringan seluler. Sementara di tengah Jalan Yos Sudarso terdapat pipa PDAM diameter 80 cm dan pipa PGN diameter 15 cm.

“Kita masih lihat dulu, kalau panjangnya mencukupi akan langsung kita geser, tapi kalau tidak mencukupi maka kita potong dan disambung lagi untuk digeser,” imbuhnya.

3. Pemindahan utilitas ditarget rampung dalam sepekan

Mundur dari Jadwal, Pengerjaan Alun-alun Surabaya Akhirnya DimulaiHumas Pemkot Surabaya

 

Pengerjaan pemindahan ini pun ditarget rampung dalam waktu tujuh hari. Pasalnya, ujar Harin, pengerjaan proyek Alun-alun Surabaya sudah bergeser dari jadwal sebenarnya. Sehingga pihaknya harus mengebut pengerjaan.

“Hari ini kita libatkan semua provider yang terkait, termasuk Satlantas Polrestabes Surabaya berkaitan dengan rekayasa lalu lintas nantinya, Kejaksaan, Polsek Genteng, dan Satpol PP,” tuturnya.

Baca Juga: Alun-alun Mulai Dibangun, Jalan Yos Sudarso Akan Ditutup Sementara

4. Penggalian basement baru dimulai pertengahan agustus

Mundur dari Jadwal, Pengerjaan Alun-alun Surabaya Akhirnya DimulaiTwitter.com/BanggaSurabaya

Sementara itu, Kabid Pembangunan dan Gedung (DPRKP-CKTR) Iman Krestian menambahkan bahwa proses penggalian Alun-alun Surabaya baru akan dimulai setelah pelebaran Jalan Simpang Dukuh selesai. Pengerjaan itu pun ditarget selesai pada 15 Agustus 2019.

"Ini tinggal pengurugan, pemadatan, dan pengaspalan. Kalau dilembur harusnya dalam satu minggu ini selesai," terang Iman kepada IDN Times.

Baca Juga: Sehari di Kamar Rawat Inap, Risma Tanya Proyek Alun-alun Surabaya

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya