Libur Natal Tahun Baru, Kecelakaan Lalu Lintas Menurun 68 persen

Tapi kriminalitas di Bangkalan masih menonjol

Surabaya, IDN Times - Operasi Lilin Semeru 2019 telah dilaksanakan Kepolisian Daerah Jawa Timur bersama jajarannya selama kurun waktu 21 Desember 2018 hingga 2 Januari 2019. Operasi yang bertujuan untuk mengamankan wilayah Jatim selama libur Natal dan tahun baru 2019 ini dinyatakan kondusif.

1. Operasi diklaim berjalan baik

Libur Natal Tahun Baru, Kecelakaan Lalu Lintas Menurun 68 persenIDN Times/Fitria Madia

Sebanyak 39 Polresta dan Polres yang berada di wilayah Polda Jatim diklaim telah melakukan kerjanya dengan baik. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera.

"Ini semua ini semua berkat peranan serta daripada masyarakat seluruh Jawa Timur. Titik berat ini adalah ucapan Kapolda Jawa Timur, dia terima kasih Kapolda Jawa Timur terhadap pelaksanaan daripada ketertiban yang terjadi di Jawa Timur," ujarnya di Mapolda Jatim, Rabu (2/1).

Baca Juga: Bus Mira Tabrak Motor, Seorang PNS di Kabupaten Madiun Tewas 

2. Kecelakaan lalu lintas menurun drastis

Libur Natal Tahun Baru, Kecelakaan Lalu Lintas Menurun 68 persenIlustrasi/Sukma Shakti/IDN Times

 

Dari hasil evaluasi Ops Lilin Semeru tersebut nampak fakta bahwa tingkat kecelakaan lalu lintas saat libur Natal dan tahun baru (Nataru) mengalami penurunan yaitu sebesar 614 kejadian atau turun 68,15 persen dari tahun sebelumnya.

"Sesuai dengan data yang terlampir yang kita dapatkan kecelakaan menurun disebabkan tol sudah berjalan sebagaimana yang diharapkan oleh pemerintah," terang Barung.

3. Kemacetan meminimalisir kecelakaan

Libur Natal Tahun Baru, Kecelakaan Lalu Lintas Menurun 68 persenIDN Times/Fitria Madia

 

Selain telah berfungsinya tol, kemacetan yang terjadi juga dinilai Barung dapat meminimalisir laka lantas yang terjadi. Meski cukup menyusahkan, rupanya kemacetan juga membawa dampak positif.

"Kemacetan ini juga menimbulkan turunnya kecelakaan. Semakin macet rupanya semakin turun kecelakaan. Nah ini yang menjadi beberapa hal yang terjadi sehingga kita haturkan nanti datanya kepada rekan-rekan semua," imbuh Barung.

4. Pelanggaran lalu lintas menurun

Libur Natal Tahun Baru, Kecelakaan Lalu Lintas Menurun 68 persenIDN Times/Nofika Dian

 

Selain laka lantas yang menurun, pelanggaran lalu lintas pun juga menurun. Dari data yang disodorkan oleh Barung, tercatat jumlah kasus pelanggaran turun sebesar 2.066 kasus dibanding tahun 2017.

"Data kami sampaikan juga dan sampai dengan sekarang bahwa kita menyatakan bahwa operasi lilin Polda Jawa Timur dilaksanakan dari tanggal 21 sampai dengan sekarang berjalan aman, tertib, dan lancar serta kondusif," ujar Barung menegaskan.

5. Pelanggaran kamtibmas di Bangkalan masih tinggi

Libur Natal Tahun Baru, Kecelakaan Lalu Lintas Menurun 68 persenIDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Namun di samping laka lantas dan pelanggaran lantas yang turun, tingkat kriminalitas rupanya masih ada yang menonjol. Terutama berada di wilayah Kabupaten Bangkalan dengan tingkat gangguan Kamtibmas tertinggi yaitu 28 kasus.

"Ada yang meningkat di beberapa polres, kejadian yg menonjol di polres jajaran, kejadian-kejadian yang terjadi antara lain kejadian kejahatan konvensional yang terjadi di wilayah Madura itu cukup besar," tutur Barung.

Baca Juga: Kecelakaan Beruntun, Truk Elpiji di Sampang Hantam Warung

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya