Kondisi Banjir di Jawa Timur, 8 Wilayah Sudah Surut Total

Ketinggian air di Madiun mulai turun

Surabaya, IDN Times - Banjir yang mengepung Jawa Timur pada Kamis (7/3) akhinya mulai menyusut. Beberapa wilayah dari 17 daerah terdampak tak lagi tergenang air. Hal ini berdasarkan data Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangn Bencana.

Baca Juga: Tinjau Lokasi Banjir di Madiun, Gubernur Khofifah Kunjungi Tiga Tempat

1. 8 wilayah yang banjir telah surut total

Kondisi Banjir di Jawa Timur, 8 Wilayah Sudah Surut TotalIDN Times/Imron

Kepala Pusdatin BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, melalui keterangan persnya menjelaskan bahwa 17 daerah terdampak banjir, 8 kabupaten/kota telah surut. Daerah tersebut adalah Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Kediri, Kabupaten Tuban, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Jember, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Banyuwangi.

"Sedangkan sisanya masih ada genangan air. Untuk Kabupaten Tuban, tim BPBD Tuban sudah melakukan pembersihan sisa lumpur," ujarna di siaran pers, Jumat (8/3).

2. Ketinggian banjir di Madiun mulai menurun

Kondisi Banjir di Jawa Timur, 8 Wilayah Sudah Surut TotalDok.IDN Times/Istimewa

Untuk Kabupaten Madiun yang sempat menjadi daerah terparah terdampak banjir, menurut Sutopo, saat ini airnya sudah cukup surut. Bahkan, aktivitas warga di sana telah kembali normal.

"Genangan air tertinggi adalah 50 centimeter di titik terendah. BPBD Kabupaten Madiun melakukan pendampingan di wilayah terdampak," lanjutnya.

3. Ketinggian banjir di Ngawi lebih dari 1 meter

Kondisi Banjir di Jawa Timur, 8 Wilayah Sudah Surut TotalDok.IDN Times/Istimewa

Sementara itu, genangan cukup tinggi masih terjadi di Kabupaten Ngawi. Di sana, air masih cenderung stabil dengan ketinggian rata-rata 1 hingga 1,5 meter. Bahkan, genangan air juga tengah meluas ke daerah kota.

Selain itu, daerah yang genangannya cukup tinggi adalah Kabupaten Bojonegoro dengan ketinggian stabil sekitar 70 cm. Genangan air di Bojonegoro saat ini juga meluas ke daerah kota.

4. Beberapa daerah ketinggian banjir mulai menurun

Kondisi Banjir di Jawa Timur, 8 Wilayah Sudah Surut TotalDokumentasi BNPB

Untuk Kabupaten Magetan, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Gresik, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Tulungagung, masih tergenang air. Namun, ketinggian air di daerah-daerah itu telah menurun.

"BPBD Kabupaten Sidoarjo mendistribusikan bantuan sembako sebanyak 250 paket di Balai Desa Pesawahan Kecamatan Porong dan melakukan pendampingan di area terdampak. Untuk di Kabupaten Magetan masih ada 84 pengungsi," pungkasnya.

Baca Juga: Banjir Jatim Terparah di Madiun, Khofifah Instruksikan Hal Ini

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya