Khofifah Menduga Tertular COVID-19 Setelah Tanggal 26 Desember

Tracing dilakukan pada kontak erat Khofifah

Surabaya, IDN Times - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengumumkan dirinya positif COVID-19. Sebelum hasil tes swab PCR terbarunya keluar, ia sempat beraktivitas dengan padat.

Dalam sebuah video, Khofifah menjelaskan bahwa ia dites swab PCR pada Kamis (31/12/2020) malam. Hasilnya keluar pada Jumat (1/1/2021) yang menyatakan bahwa Khofifah positif COVID-19. Sebelumnya pada Sabtu (26/12/2020) ia juga melaksanakan tes swab PCR dengan hasil negatif COVID-19. Oleh karena itu, ia mengira penularan terjadi kepadanya dalam kurun waktu tanggal 27-31 Desember 2020.

"Pada tanggal 26 Desember 2020 saya masih swab dan hasilnya negatif," ujar Khofifah dalam video yang diterima IDN Times, Minggu (3/1/2021).

1. Setelah swab terakhir kali, Khofifah masih beraktivitas

Khofifah Menduga Tertular COVID-19 Setelah Tanggal 26 DesemberIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jatim, Aries Agung Paewai menjelaskan bahwa Khofifah memang padat agenda pada Desember 2020. Usai tes swab tanggal 31 pun, ia sempat beraktivitas lagi. Ini berarti, dalam kondisi positif COVID-19, Khofifah masih berinteraksi dengan orang lain.

"Setelah swab masih melakukan aktivitas sambil menunggu hasil swab keluar. Kan belum tahu hasilnya seperti apa," tutur Aries saat dihubungi IDN Times, Minggu (3/1/2021).

Baca Juga: [BREAKING] Khofifah Umumkan Dirinya Positif COVID-19

2. Setiap aktivitas Khofifah mengedepankan protokol kesehatan

Khofifah Menduga Tertular COVID-19 Setelah Tanggal 26 DesemberBupati Situbondo saat bersama Gubernur Khofifah. Instagram.com/Khofifah.ip

Aries memastikan bahwa setiap kegiatan Khofifah akan mengedepankan protokol kesehatan. Sehingga, penularan dari Khofifah kepada orang lain bisa diminimalisir terjadi. Meski pada akhirnya Khofifah sendiri pun tetap terpapar.

"Beliau sudah menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat di setiap kegiatan. Tiap tamu yang masuk harus rapid test antigen atau antibodi," ungkapnya.

3. Warga yang melakukan kontak erat Khofifah langsung menjalani pelacakan

Khofifah Menduga Tertular COVID-19 Setelah Tanggal 26 DesemberIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Namun, Aries mengatakan bahwa Pemprov Jatim tak ambil enteng dengan kasus ini. Setiap orang yang masuk dalam kontak erat Khofifah apalagi yang berinteraksi dengannya pada tanggal 31 Desember-1 Januari akan langsung dites swab PCR.

"Kami, melalui Satgas COVID-19, akan mengusahakan untuk tracing yang terbaik," sebutnya.

Khofifah sebelumnya juga berpesan kepada masyarakat yang sempat berinteraksi dengannya sejak tanggal 27 Desember agar segera melakukan tes swab PCR. Tes swab ini bisa dilakukan di Puskesmas sebagai fasilitas tracing kasus.

"Semua yang kontak erat dengan saya terhitung 27 Desember, mohon melakukan swab. Ini merupakan kehati-hatian kita. Karena tiada hari tanpa berikhtiar," pesan Khofifah.

Baca Juga: Khofifah Positif COVID-19, Tracing Dilakukan dalam 24 Jam

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya