Kepala DP5A Meninggal, Risma: Ia Sosok Berdedikasi Tinggi dan Sabar 

Chandra dikenal tulus dalam menjalankan tugasnya

Surabaya, IDN Times - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini berduka setelah salah satu pendampingnya, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP5A), Chandra Oratmangun meninggal dunia. Di mata Risma, Chandra adalah sosok pejabat yang tulus dan berdedikasi tinggi.

“Innalillahi wa inna ilahi rajiun. Kami segenap pemerintah kota dan seluruh warga Surabaya berbela sungkawa atas meninggalnya staf, sahabat, dan teman kami yang luar biasa,” ujar Risma di Balai Kota Surabaya, Rabu (15/7/2020).

1. Sosok tulus sebagai Kepala Dinas PMK perempuan pertama

Kepala DP5A Meninggal, Risma: Ia Sosok Berdedikasi Tinggi dan Sabar Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat mengunjungi anak-anak korban pencabulan, Sabtu (11/7/2020). Dok Humas Polres Tanjung Perak

Risma mengenang momen kebersamaannya dengan Chandra saat menjabat sebagai Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (PMK). Saat itu, ia sengaja memilih sosok Chandra karena dedikasi dan loyalitas yang tinggi.

“Beliau adalah Kepala Dinas PMK perempuan pertama di Surabaya. Bahkan mungkin di dunia,” ungkapnya.
 
Chandra saat itu mulai menjabat sebagai Kepala Bidang (Kabid) BPB Linmas, Kadis PMK, hingga terakhir Kadis DP5A membuat Risma semakin yakin akan ketekunan, kepekaan serta ketulusannya dalam mengemban tugas.

2. Berdedikasi tinggi dalam setiap tugasnya

Kepala DP5A Meninggal, Risma: Ia Sosok Berdedikasi Tinggi dan Sabar Chandra Oratmangun ketika masih menjabat sebagai Kepala Dinas Pemadam Kebakaran. Dok.IDN Times/Istimewa

Saat dipindah ke dinas dengan bidang yang jauh berbeda, Chandra pun tetap menunjukkan dedikasinya. Beberapa waktu lalu, ia mendapat amanah dari Risma untuk membantu mendistribusikan bantuan kepada masyarakat di masa pandemi COVID-19.
 
“Karena saya memilih Bu Chandra sangat ringan tangan dan rajin membantu. Saya juga merasa kehilangan sekali sosok beliau. Beliau meninggalkan kami semua dalam kondisi yang sangat baik,” tuturnya.

3. Murah senyum dan sabar

Kepala DP5A Meninggal, Risma: Ia Sosok Berdedikasi Tinggi dan Sabar Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat mengunjungi anak-anak korban pencabulan, Sabtu (11/7/2020). Dok Humas Polres Tanjung Perak

Menurut Risma, Chandra adalah sosok keluarga, ibu serta istri yang baik. Ia selalu sabar dan tersenyum. Tidak pernah marah meski secapek apapun meski baru saja menghadapi si jago merah atau geng anak-anak bandel. Di mata Risma, Chandra adalah sosok murah senyum yang selalu menebar kehangatan.
 
“Saya juga sangat yakin beliau adalah orang tua, ibu, dan istri yang baik. Kami tahu betul karena juga ditunjukkan melalui kinerjanya selama ini. Bu Candra selalu ada diingatan kami,” ucapnya.

Baca Juga: Khofifah Sematkan Lencana Jer Basuki Mawa Beya ke Kepala Bappeda Jatim

4. Berharap keluarga diberi ketabahan

Kepala DP5A Meninggal, Risma: Ia Sosok Berdedikasi Tinggi dan Sabar Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat patroli protokol kesehatan di Kecamatan Tandes, Selasa (7/7/2020) petang. Dok Humas Pemkot Surabaya

Risma pun berharap, keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan, kekuatan serta keikhlasannya. Meskipun ini berat, namun ia yakin dan percaya bahwa almarhumah sudah mendapatkan tempat yang terbaik di sisi Tuhan.

“Saya tahu ini berat untuk keluarga. Tapi kita harus percaya, Tuhan memanggil lebih cepat karena Tuhan menyayangi Bu Candra," katanya.

“Terima kasih Bu Candra jasamu terhadap pemerintah dan kota tidak pernah kami lupakan. Selamat jalan, kami semua mohon maaf kalau selama ini ada yang kurang di kami (pemkot),” tutup Risma..

Baca Juga: Kepala DP5A Surabaya Meninggal, Pemkot Pastikan Bukan karena COVID-19

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya