Khofifah Sematkan Lencana Jer Basuki Mawa Beya ke Kepala Bappeda Jatim

Dia meninggal akibat COVID-19

Surabaya, IDN Times - Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa memberikan penghargaan kepada Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Jatim, Rudy Ermawan Yulianto. Penghargaan berupa lencana 'Jer Basuki Mawa Beya' ini disematkan, setelah Rudy dilaporkan meninggal dunia akibat COVID-19 di RSUD dr. Seotomo, Surabaya, Selasa (14/7/2020), pukul 19.56 WIB.

1. Rudy salah satu ASN terbaik Pemprov Jatim

Khofifah Sematkan Lencana Jer Basuki Mawa Beya ke Kepala Bappeda JatimGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Dok. Humas Pemprov Jatim

Penghargaan untuk Rudy dirasa Khofifah sangat pantas. Sebab mendiang ialah salah satu Aparatur Sipil Negara (ASN) terbaik yang dimiliki Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim. Terlebih, Rudy juga turut andil dalam penanganan COVID-19. Termasuk menyiapkan RS Lapangan di kawasan Indrapura, Surabaya.

"Innalillahi wainnailaihi rojiun, kita semua berduka, keluarga besar Pemprov Jatim berduka. Teman kita, saudara kita Pak Rudy telah dipanggil ke haribaan Allah SWT. Semoga Allah mengampuni segala khilaf beliau, dan semua amal baiknya diterima oleh Allah SWT,” kata Khofifah dalam rilis resminya.

2. Rudy tertular dari ayahnya yang meninggal pada 4 Juli akibat COVID-19

Khofifah Sematkan Lencana Jer Basuki Mawa Beya ke Kepala Bappeda JatimIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Mendiang Rudy sebenarnya terpapar virus corona bukan saat di lingkungan kerjanya. Dia tertular dari ayahnya yang meninggal pada 4 Juli lalu. Kejadian ini bermula dari Rudy mengantarkan sang ayah berobat. Ternyata hasil swab ayahnya positif COVID-19.

Tak lama setelah itu, dia dikabarkan masuk Rumah Sakit Darmo pada 5 Juli. Dia terdeksi terinfekai virus SARS CoV-2. Kondisinya pun memburuk sampai akhirnya dipindahkan ke RSUD dr. Soetomo pada 7 Juli hingga akhirnya mengembuskan nafas terakhir Selasa (14/7/2020).

Baca Juga: Kepala Bappeda Jatim Meninggal Dunia karena COVID-19

3. Khofifah ajak jajarannya lakukan Salat Gaib

Khofifah Sematkan Lencana Jer Basuki Mawa Beya ke Kepala Bappeda JatimGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Dok. Humas Pemprov Jatim

Begitu kabar duka wafatnya Rydy diterima, Khofifah segera meminta agar ada tahlilan dan Salat Gaib bersama di Musala Grahadi dengan memperhatikan protokol kesehatan. "Kami ingin agar ada salat ghoib di sana karena beliau yang tahun lalu ikut merenovasi musholla tersebut,” kata Khofifah.

"Selamat jalan saudaraku. Insya Allah dipanggil dalam keadaan husnul khotimah. Amin," dia menambahkan.

Baca Juga: Masyarakat Tak Patuh, Khofifah Curhat ke Jokowi

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya